Purwakarta (Antara Megapolitan) - Para pelajar Sekolah Dasar di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, berhasil membantu perbaikan rumah masyarakat yang kurang mampu melalui program "Kemis Welas Asih" atau Kamis Hari Kasih Sayang.

Kepala SDN 1 Gunung Karung Yayan Rusyana, di Purwakarta, Senin, mengatakan, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi telah menggulirkan program "Kemis Welas Asih".

Program ini memiliki skema pembagian beras dari pelajar mampu kepada pelajar kurang mampu maupun warga yang tinggal di sekolah tempat mereka belajar.

Melalui program itu, para pelajar SDN 1 Gunung Karung, Kecamatan Manis, Purwakarta, berhasil memperbaiki rumah salah seorang warga yang kurang mampu.

Atas inisiatif pelajar di sekolah tersebut, beras yang terkumpul kemudian dijual dan digabung dengan dana yang berasal dari pelajar yang mengikuti program tersebut dengan sumbangan dalam bentuk uang. Semangat para pelajar ini membuat kepala sekolah dan guru di sekolah tersebut turut berpartisipasi.

"Alhamdulillah kita jadi semangat juga melihat antusiasme anak-anak. Uangnya digunakan untuk memperbaiki rumah Ibu Enung, rumah beliau tepat di depan sekolah," kata Yayan.

Rumah yang dimaksud oleh Yayan memang terlihat sudah mulai lapuk dimakan usia. Ibu Enung sendiri diketahui tinggal sebatangkara di rumah yang tiang penyangganya hampir habis dimakan rayap. Keadaan inilah yang menjadi alasan dipilihnya rumah Ibu Enung untuk direhab.

"Kasihan rumahnya hampir roboh. Ini juga bertahap, secara periodik kita lakukan perbaikan di setiap bagian rumah Ibu Enung. Sampai saat ini progress-nya baru 40 persen, kita targetkan sebentar lagi selesai," kata dia.

Yayan mengatakan, dana yang sudah digunakan untuk renovasi rumah Ny Enung sebesar Rp2,5 Juta. Dana tersebut berasal dari pelajar sekaligus sumbangan Kepala sekolah dan para guru. Jumlah itu telah dibelikan kusen dan bilik bambu yang baru untuk perbaikan rumah.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017