Bogor (Antara Megapolitan) - Makan bersama anggota TNI, Polisi dan masyarakat memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 TNI tingkat Kota Bogor, Jawa Barat di Lapanan Sempur, Kamis.

Makan bersama tersebut menyediakan 450 nampan, per nampan diisi oleh enam sampai tujuh orang. Sehingga total ada sekitar 2.700 orang yang ikut makan bersama di Lapangan Sempur.

Uniknya lagi kegiatan makan bersama tersebut membentuk formasi TNI 72 yang dapat disaksikan melalui layar drone dari ketinggian 150 meter.

"Kami menyiapkan 450 nampan nasi kuning yang kami pesan dari masyarakat," kata Kepala Penerangan Korem 061/Suryakancana Mayor Loekman Hakim.

Ia mengatakan kegiatan makan besar sebagai representatif kebersamaan TNI, Polisi dan juga masyarakat, sesuai dengan tema besar HUT ke-72 TNI "Bersama Rakyat TNI Kuat".

Masyarakat yang sejak awal ikut menyaksikan Upacara HUT ke-72 TNI langsung membaur dengan ratusan anggota TNI/Polri yang sudah bersiap di Lapangan Sempur.

Warga memanfaatkan momen tersebut untuk menikmati hidangan nasi kuning yang disediakan oleh Korem 061/Suryakancana sebagai tuan rumah.

Menurut Loekman selain makan bersama, perayaan HUT TNI juga diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti penampilan Drumband dari Pusdikzi, sosiodrama tentang Mayor KH Soleh Iskandar, demonstrasi upacara, beladiri Young Modo dan pencak silat dan defile seluruh pasukan upacara.

"Kami juga menggelar pameran alat utama sistem pertahanan di hari Minggu berlokasi di car free day," kata Loekman.

Peringatan HUT ke-72 TNI juga diisi dengan upacara yang dipimpin oleh inspektur upacara Komandan Wing Pendidikan Umum Kol Nav I Nyoman Saudnyana.

Upacara dihadiri Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Wakapolresta, Dandim 0606/Kota Bogor Letkol Arm Doddy Suhadiman, dan pimpinan seluruh Marta TNI.

Menurut Loekman, sesuai arahan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bahwa upacara parade, defile, dan demonstrasi atratif kemampuan para prajurit TNI maupun alutsista sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI kepada Presiden selaku Panglima Tertinggi dan seluruh rakyat Indonesia tentang kesiapan alutsista TNI sehingga masyarakat dapat melihat kekuatan TNI secara langsung, sebagai komponen utama pertahanan negara.

Selain makan bersama HUT ke-72 TNI tingkat Kota Bogor juga dimeriahkan drama kolosal berkisah tentang Mayor KH Sholeh Iskandar yang melibatkan sekitar 173 anggota Kodim 0606/Kota Bogor pelajar SMAN 3 dan masyarakat.

Pertunjukan drama kolosal tersebut dibawah arahan Dandim Letkol Arm Doddy Suhadiman, disutradarai Wawan Bima.

"Drama kolosal ini untuk menginformasikan kepada masyarakat dan pelajar, bahwa Bogor juga punya pahlawan, dan ini perlu kita diteladani," kata Kapten Rahmat.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017