Bogor, 5/11 (ANTARA) - Pusat Penelitian (P2) Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia memperkenalkan Museum Zoologicum Bogoriense kepada generasi muda lewat kegiatan lomba mewarnai yang diikuti 100 peserta dari TK dan SD.

"Lomba mewarnai ini merupakan rangkaian kegiatan memeriahkan ulang tahun ke-118 Museum Zoologicum Bogoriense yang mengangkat tema "Back to the Museum" yang bertujuan untuk mengenal dan menumbuhkan rasa cinta terhadap museum dan fauna Indonesia pada anak-anak sejak usia dini," kata Kepala P2 Biologi LIPI, Dr Siti Nuramaliati Prijono di kawasan Cibinong Science Center, Kabupaten Bogor, Minggu.

Dalam acara "open house" Museum Zoologicum Bogoriense itu Siti mengatakan, minat anak-anak untuk ikut lomba mewarnai Museum Zoologicum Bogoriense cukup banyak. Terlihat dari jumlah pendaftar yang masuk melebihi 100 peserta sehingga pihak panitia membatasi lomba hanya untuk 100 orang.

Peserta lomba mewarnai yang diperuntukkan bagi murid TK dan SD itu bertema "Aku Cinta Fauna Indonesia" dengan memperebutkan hadiah berupa tropi dan uang tunai.

Usai mengikuti lomba mewarnai, peserta mendapat kesempatan untuk berkeliling Gedung Widyasatwaloka P2 Biologi LIPI yang menyimpan jutaan koleksi spesimen fauna Nusantara.

Siti menyebutkan, merayakan HUT Museum Zoologicum Bogoriense, P2 Biologi LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Zoologi Indonesia menggelar rangkaian kegiatan "open house" MZB.

Rangkaian kegiatan "open house" Museum Zoologicum Bogoriense berlangsung selama tiga hari mulai dari 4-6 November 2012.

"Open house menampilkan koleksi fauna nusantara, fasilitas, peralatan dan hasil-hasil penelitian. Untuk hasil temuan fauna baru, ditampilkan pula replika spesies-spesiesnya," katanya.

Siti mengatakan, open house terbuka untuk umum, dimana seluruh masyarakat dapat berkesempatan untuk masuk ke gedung Widyasatwaloka P2 Biologi LIPI di kawasan Cibinong Science Center yang menyimpan 3 juta spesimen fauna nusantara.

"Masyarakat dapat berkunjung dan melihat koleksi spesimen fauna nusantara yang tersimpan di gedung Widyasatwaloka P2 Biologi LIPI. Selama ini untuk bisa masuk ke dalam gedung harus melewati perizinan. Tapi, selama open house siapa saja boleh masuk," katanya.

Siti menambahkan, diharapkan kegiatan open house dapat menambah wawasan masyarakat tentang kekayaan keanekaragaman fauna Indonesia dan menjadi media penyebarluasan fauna yang ada.


Laily R

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012