Jakarta (Antara Megapolitan) - Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Joko Driyono mengatakan, penunjukan dirinya untuk menjabat sebagai Wakil Presiden Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) adalah bentuk kepercayaan untuk Indonesia.

"Saya mengindikasikan kehormatan tersebut adalah bentuk kepercayaan terhadap Indonesia sebagai bagian dari keluarga besar persepakbolaan ASEAN," ujar Joko ketika dalam perbincangan di Jakarta, Rabu.

Hal ini dianggap penting karena dunia sepak bola Tanah Air sempat terpuruk akibat sanksi dari Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) selama setahun yang baru dicabut pada tahun 2016 lalu.

"Saya akan menunjukkan bahwa Indonesia bisa berperan pembangunan sepak bola di kawasan regional Asia Tenggara," kata Joko.

Adapun para anggota delegasi Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) menetapkan Joko Driyono sebagai Wakil Presiden AFF dalam rapat luar biasa yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, Sabtu (23/9).

Menurut Sekretaris Jenderal AFF Dato Sri Azzudin, alasan penunjukan Joko adalah dia dianggap sosok yang tepat karena memiliki dedikasi yang kuat terhadap sepak bola dengan ide-ide yang dianggap cemerlang.

Joko Driyono sendiri menggantikan posisi Tran Quoc Tuan yang mengundurkan diri sebagai Wakil Presiden AFF usai terpilih menjadi salah satu anggota Komite Eksekutif Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

"Di komunitas sepak bola Asia Tenggara, Joko Driyono bukanlah sosok yang asing karena dia punya pengalaman untuk mengembangkan sepak bola bukan hanya di Indonesia melainkan juga kawasan Asia Tenggara," tutur Dato Azzudin.

Selain Joko, AFF juga menunjuk Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria sebagai Anggota Bergilir Dewan AFF.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017