Depok, (Antara Megapolitan) - Wali Kota Depok Mohammad Idris mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga semangat gotong-royong di dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari.

"Perilaku gotong-royong merupakan bentuk dari penghayatan dan pengamalan Pancasila. Melalui gotong-royong dapat mempererat rasa persatuan dan kesatuan masyarakat," kata Mohammad Idris saat acara Penutupan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) IV di Kota Depok, Selasa.

Ia mengatakan semangat gotong-royong juga dapat diimplementasikan dalam hal membangun kemajuan ekonomi kota.

Idris mencontohkan ketika membangun sebuah infrastruktur, diperlukan kerja sama yang baik antara Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui pejabat pemerintahan baik di tingkat Kelurahan dan Kecamatan serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang ada di wilayah setempat.

"Pihak yang paling mengetahui keperluan pembangunan di setiap daerah adalah LPM. Untuk itu LPM harus terus bermitra dengan para Lurah maupun Camat. Sehingga pembangunan yang dilakukan lebih tepat sasaran serta lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujarnya.

Jiwa gotong-royong disebutnya juga dapat meningkatkan kepedulian masyarakat Kota Depok terhadap kondisi yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

Hal tersebut, sambungnya, merupakan cerminan identitas bangsa Indonesia yang harus terus dilestarikan.

"Teguhkan komitmen bahwa gotong royong akan terus ada di tengah masyarakat, karena hal tersebut merupakan kebiasaan yang tertanam kuat pada diri kita," ujarnya. ***4***

(T.F006/B/A043/A043) 26-09-2017 18:08:06

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017