Jakarta (Antara Megapolitan-Bogor) - Video pariwisata Wonderful Indonesia bertajuk The Journey of a Wonderful World sukses menjadi juara umum dalam kompetisi video pariwisata dunia yang digelar UNWTO, badan PBB di bidang pariwisata.
    
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, menyebutkan dalam kompetisi itu Indonesia bahkan memborong penghargaan untuk dua ketegori.
    
"Indonesia juara dalam kategori 2 kategori langsung. Winner UNWTO Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific dan kategori People's Choice Award 2017," kata Arief.
    
Ia mengatakan sangat bangga saat menerima penghargaan tersebut dalam 22nd General Assembly UNWTO di Intercontinental Century City Convention Center Hotel, Chengdu, Tiongkok.
    
Menurut dia, Indonesia mampu mencatatkan sejarah sebagai negara yang mampu meraih dua penghargaan sekaligus.
    
"Karena itu, ini momentum kemenangan dari 63 negara peserta dan sangat membanggakan. Ini surprise. Kami tidak menyangka di kategori ini juara," kata Arief Yahya.
    
Terlebih mengingat kompetitor dari negara-negara Asia Timur dan Pasifik yang juga mengandalkan video pariwisata mereka yang tak kalah menarik.
    
"Kalau di media sosial, video-video pendek 30 detik yang diviralkan Selandia Baru, Australia, Korea, Jepang itu bagus-bagus. Video kita sudah lolos dari juri UNWTO yang standar dunia," kata Arief Yahya.
    
Bahkan khusus untuk kategori People's Choice, yang didapat dari e-voting dari seluruh masyarakat dunia, Indonesia berhasil meraih juara.
    
Arief bersyukur lantaran ada peran penting Presiden Jokowi yang turut mengajak vote kepada masyarakat melalui akun Facebook-nya.
    
"Terima kasih juga pada masyarakat di seluruh dunia yang sudah memilih video Indonesia sehingga juara," ucap Menpar Arief Yahya.
    
Saat Presiden Jokowi mempublikasikan ajakan tersebut tidak sampai dua hari jumlah voter melejit hingga menembus angka 50.000.
    
Video andalan Indonesia yang dikompetisikan menampilkan sejumlah kemenarikan destinasi meliputi Jakarta, Wakatobi, Raja Ampat, Sumatera Utara, Lombok Makasar, dan Banyuwangi.
    
Soundtrack lagu yang ditampilkan yakni What A Wonderful World oleh Louis Armstrong.
    
Tercatat hasil lengkap kompetisi yakni Juara Hasil Voting terbanyak Indonesia (People's Choice Award) dan juara video terbaik regional yakni:

1. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Africa - Tunisia.
2. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Americas - Chili.
3. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for East Asia and the Pacific  - Indonesia.
4. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Europe - Swiss.
5. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Middle East - Mesir.
6. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for South Asia - Bhutan. (ANT/BPJ).

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017