Cibinong (Antara Megapolitan-Bogor) - Ratusan pelayat ikut melepas dengan penuh haru pemakaman Istri Wakil Presiden Ke-9 Republik Indonesia (RI) Hamzah Haz di samping masjid Yayasan Raudhatul Mutaalimin Jalan Hankam Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.
    
Mobil jenazah Ibu Asmaniah atau yang biasa disapa Hj Nani itu tiba di lokasi pemakaman sekitar Pukul 13.29 WIB disambut tangis para pelayat dari kalangan tokoh, masyarakat umum serta puluhan perwakilan siswa SMK Al-Ikhlas dan Mahasiswa Akademi Kebidanan dan Perawatan milik Keluarga Hamzah Haz.  
    
Kemudian jenazah langsung dibawa untuk disholatkan di Masjid Jami Al Ikhlas sekitar 15 menit.  
    
Selanjutnya prosesi pemakaman dilakukan sekitar pukul 13.45 hingga sekitar 14.30 WIB dengan upacara militer yang dipimpin oleh Inspektur Upacara Kasrem 061/Surya Kencana, Letkol Czi Bima Nurrahmat.
 
    
Diawali dengan sambutan uacapan duka Letkol Bima, Hamza Haz menyampaikan sambutan sebagai perwakilan keluarga pada prosesi pemakaman dengan isak tangis di hadapan semua pelayat.  
    
"Dengan almarhumah saya katakan Insya Allah mamah, Insya Allah jadi ahli Surga karena sakitnya akan menghapus dosa, Aamiin," katanya sambil tersedu.  
    
Lokasi pemakaman yang juga tidak jauh dari pintu masuk yayasan itu menyita perhatian masyarakat sekitar hingga sekitar pukul 16.00 WIB, meski pihak keluarga telah meninggalkan area pemakaman ke gedung yayasan.
    
Dandim 0621 Kabupaten Bogor Letkol Inf Fransisco turut hadir pada acara prosesi pemakaman Ibu Asmaniah yang diiringi upacara militer dengan satu Satuan Setingkat Kompi (SSK), atau sebanyak 100 orang anggota gabungan TNI Angkatan Darat (AD) dan Brimob.  
    
Menurutnya, sebagai petugas satuan teritorial pihaknya telah melakukan persiapan pemakaman untuk istri Wakil Presiden ke-9 dengan penuh ikhlas dan teratur sebagai tanda penghormatan kepada Jenazah.  
    
Iring-iringan mobil Hamaz Haz selanjutnya meninggalkan lokasi pada pukul 16.07 WIB.  
     
Prosesi dihadiri Kasrem 061/Surya Kencana Letkol Czi Bima Nurrahmat, Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Inf Fransisco, Dandim 0606/Kota Bogor Letkol Arm Doddy Suhadiman dan sejumlah tokoh ulama.(ANT/BPJ).

Pewarta: Linna Susanti & Mayolus Fajar D

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017