Bogor (Antara Megapolitan) - Program Keahlian Komunikasi Program Diploma, Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan Lokakarya Persiapan Sekolah Vokasi dan Penyusunan Rancangan Pembelajaran Satu Semester (RPSS), (14-16/8).

Acara digelar di Gedung Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Kampus IPB Baranangsiang, Bogor.

Direktur Program Diploma IPB, Dr. Bagus Priyo Purwanto, menyambut baik dan mendukung terselenggaranya kegiatan ini untuk pengembangan pendidikan vokasi, khususnya untuk Program Keahlian Komunikasi dan Program Diploma IPB secara umum.

Tampak hadir Wakil Direktur Bidang Pendidikan Program Diploma IPB, Dr. Suwarno dan seluruh dosen Program Keahlian Komunikasi Program Diploma IPB.

Hari pertama kegiatan difokuskan pada diskusi yang menghadirkan lima narasumber yang terdiri dari akademisi, praktisi dan industri media. Diskusi dipandu oleh Dr. Wahyu Budi Priatna, yang juga Koordinator Program Keahlian Komunikasi Program Diploma IPB.

Sesi pertama diisi oleh tiga orang narasumber, yakni Andi Primaretha  (Praktisi Digital) yang mengulas perkembangan digital media and ecosystem; Arya M. Sinulingga (Direktur Pemberitaan MNC Media), memaparkan mengenai kebutuhan tenaga kerja atau lulusan yang siap bekerja dengan kemampuan dan keterampilan yang sesuai dengan harapan industri media sebagai pengguna lulusan; dan Dr. Atwar Bajari (Ketua Program Studi Doktor Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran) yang memaparkan mengenai bagaimana perkembangan dan tren ilmu komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan saat ini dan memiliki prospek yang baik untuk dunia kerja.

Sesi kedua diiisi oleh dua narasumber, yakni Irwan Kelana (Redaktur Senior Harian Republika yang juga alumni IPB) menyampaikan kebutuhan industri media cetak dan online terhadap lulusan yang terkualifikasi secara terstandard berdasarkan kebutuhan industri media khususnya cetak dan online); dan Tanty Dewi Permassanty (Account & Business Development Director DWISAPTA & Konsultan Marketing Communication) yang memberikan pemaparan mengenai perkembangan Marketing Communication sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan saat ini bagi lulusan ilmu komunikasi.

Hari kedua dan ketiga Lokakarya dikhususkan untuk pembahasan dan pengembangan kurikulum serta penyusunan RPSS. Seluruh dosen bersama-sama menyiapkan naskah akademik, merumuskan capaian pembelajaran, hingga menyusun rancangan pembelajaran satu semester.

Pewarta: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017