Depok, (Antara Megapolitan) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok Jawa Barat mendorong ketahanan keluarga dalam masing-masing rumah tangga warga dengan memperkuat industri kreatif.

"Industri kreatif ini merupakan salah satu dari delapan fungsi ketahanan keluarga. Yaitu fungsi ekonomi," kata Ketua Dekranasda Kota Depok, Elly Farida di Depok, Senin.

Elly Farida yang juga Ketua Forum Keluarga Harmonis (FKH) Kota Depok ini menambahkan, tingginya angka perceraian salah satunya, karena faktor lemahnya ekonomi di keluarga tersebut. Persoalan ekonomi itu, diharapkan tidak berimbas pada orang tua, sehingga akhirnya meninggalkan generasi yang lemah.

"Karenanya generasi yang kuat harus dibangun dari ketahanan keluarga," ucap Bunda Elly, demikian ia disapa.

Bunda Elly menjelaskan, satu-satunya daerah yang memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang Ketahanan Keluarga baru Kota Depok. Hal ini menunjukkan Depok sangat serius untuk mewujudkan program tersebut.

"Bahkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), mengakui Depok pantas dijadikan sebagai pilot project dari program ketahanan keluarga," tutur istri dari Wali Kota Depok Mohammad Idris tersebut.

Semenatara itu Ketua Asosiasi Industri Kreatif Depok (AIKD) Markiyat mengatakan, ketahanan keluarga juga menjadi pilar pendukung industri kreatif. 

Menurutnya, membangun usaha akan jauh lebih mudah apabila dimulai dengan kondisi keluarga yang harmonis.

"Kalau rumah tangga kita aman, sehat, dan harmonis untuk memulai usaha apa pun akan sangat mudah," katanya.

Dikatakannya karena keluarga tersebut melahirkan kenyamanan, sehingga tercipta kolaborasi yang apik antar sesama anggota keluarga. Ini yang menjadi kunci keberhasilan dalam menjalankan industri kreatif," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017