Sebanyak 2.200 pelari dari berbagai daerah di Indonesia memeriahkan Gorontalo Half Marathon (GHM) 2024 di Lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Minggu.

Lomba diawali dengan kategori 21 kilometer yang dilepas oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin, diikuti untuk kategori 10 kilometer dan 5 kilometer.

Pj Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin mengaku sangat puas dengan penyelenggaraan perdana Gorontalo Half Marathon 2024 karena tingginya antusiasme peserta dan warga yang menonton di sepanjang rute yang dilintasi.

"Sangat puas ya, walaupun ini event perdana bagi Gorontalo tetapi antusiasme dari warga Gorontalo dan warga dari luar sangat luar biasa karena ini merupakan event yang lumayan baik kami persiapkan," ucap Rudy.

Baca juga: 3.500 peserta ambil bagian dalam IPB Run Half Marathon 2024

Menurut dia, GHM 2024 menjadi contoh bagaimana sebuah kegiatan olahraga bisa dibiayai tanpa menggunakan APBD. Lomba tersebut, kata dia, digelar sepenuhnya dengan dukungan dari lebih kurang 29 sponsor.

"Selama kita kreatif ya tanpa APBD pun kita bisa membuat hal yang baik untuk masyarakat. Ini menjadi contoh yang bagus, banyak partisipasi masyarakat asal acara dikemas dengan baik dan bertujuan untuk menyehatkan masyarakat, memasyarakat olahraga, dan juga untuk pariwisata di Gorontalo," kata dia.

Ia berharap kegiatan olahraga semacam ini bisa digelar rutin setiap tahun. GHM 2024 diharapkan tidak menjadi yang pertama dan terakhir. Perlu ada kegiatan olahraga yang konsisten untuk mendukung sektor pariwisata dan ekonomi daerah.

Baca juga: LPS Monas Half Marathon sosialisasikan penjaminan simpanan
 
Penjabat Gubernur Gorontalo membuka lomba lari Gorontalo Half Marathon tahun 2024 di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, Gorontalo, Minggu (27/10/2024). Gorontalo Half Marathon yang diikuti oleh 2.200 peserta dari berbagai daerah di Indonesia tersebut membuka tiga jenis lomba mulai dari 5 kilometer, 10 kilometer dan 21 kilometer. ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024