Presiden Prabowo Subianto resmi melantik para menteri Kabinet Merah Putih di Jakarta, Senin, dengan Hanif Faisol Nurofiq kini resmi menjabat Menteri Lingkungan Hidup dan Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) resmi dipisah menjadi dua kementerian baru yaitu Kementerian Lingkungan Hidup/Badan Pengendalian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kehutanan. Pemisahan ini diumumkan oleh Yth. Presiden RI, Prabowo Subianto, Minggu (20/10) pada pukul 21.30 WIB di Istana Negara Jakarta. 

Bersamaan dengan diumumkannya kelembagaan itu sendiri, Presiden Prabowo juga mengumumkan secara resmi Menteri Lingkungan Hidup dalam susunan kabinet “Merah Putih”. Dia adalah Dr. Hanif Faisol Nurofiq, yang sebelumnya merupakan Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.   

“Perubahan kelembagaan memang akan diikuti dengan proses transisi. Namun pelayanan publik di kementerian akan tetap berjalan sesuai peraturan yang ada. Masyarakat dapat mengakses layanan seperti biasa tanpa harus kuatir akan adanya gangguan,” demikian disampaikan oleh Hanif Faisol.

Sebelumnya ia menjabat sebagai Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Lingkungan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sejak 2023, dia didapuk untuk menggantikan Siti Nurbaya setelah KLHK dipisahkan menjadi Kementerian Kehutanan (Kemenhut) dan Kementerian Lingkungan Hidup (LH)/Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH).

Sebelum menjadi Dirjen PKTL, dia memiliki sejumlah pengalaman di birokrasi khususnya di bidang kehutanan. Hanif pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Kalimantan Selatan (Kalsel), setelah sebelumnya memegang posisi Kepala Resor Pengelolaan Hutan (KRPH) dan Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Tanah Bumbu.

Dengan pengalaman tersebut, dia kini menghadapi beragam isu untuk menjalankan pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia, termasuk pengendalian kerusakan dan pemulihan kualitas lingkungan. Hal itu sesuai dengan visi Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka yang tertuang di Asta Cita yaitu memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan.

 

Pewarta: ANTARA

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024