Acara Jakarta Day yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta turut memeriahkan Indonesia Street Festival (ISF) 2024 di New York, Amerika Serikat.

Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali dalam keterangannya, Sabtu, mengungkapkan ISF 2024 bagian dari peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 RI serta perayaan 75 tahun hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat.

ISF 2024 hasil sinergi dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York, dengan fokus pada kebudayaan khas Betawi dari berupa penampilan musik, tarian dan ekonomi kreatifnya.

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyajikan sepenggal sejarah Jakarta melalui kekayaan dan keragaman budaya melalui tarian tradisional yang penuh makna, warisan pola batik yang kaya akan filosofi hingga kekayaan kuliner yang menggugah selera," kata Marullah Matali.

Ia menjelaskan, Jakarta Day menjadi kesempatan untuk menampilkan dan memperkenalkan keragaman kota Jakarta kepada dunia.

Konsul Jenderal Republik Indonesia New York Winanto Adi menjelaskan KJRI New York menggandeng Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengingat Jakarta memiliki nasib yang sama dengan New York yang sama-sama pernah menjadi ibu kota, seiring perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Ke depannya kita akan memanfaatkan momentum ini untuk mendekatkan Jakarta dan New York sebagai sister city,” ungkap Winanto Adi.

Tahun ini, gelaran ISF yang bertajuk Jakarta Day turut dimeriahkan dengan sejumlah penampilan khas Betawi berupa tarian yang diiringi pula dengan alat musik gambang kromong. Selain itu, booth Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta yang hadir juga menyajikan ragam kuliner khas Betawi serta kain batik dengan desainnya yang ciamik ala Batik Gobang dan kerajinan tangan milik Ende Indonesia.

Pada ISF 2024, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta turut menghadirkan Abang None Jakarta untuk mewarnai kegiatan yang diselenggarakan di depan kantor KJRI New York tersebut. 

Para duta kota Jakarta tersebut menampilkan kebolehan dalam nandak dan fashion show dengan menampilkan produk unggulan Batik Gobang dan Ende Indonesia. Selain itu, turut hadir pula Maudy Koesnaedi yang terkenal lewat sinetron keluarga Betawi yaitu Si Doel Anak Sekolahan, yang membawa para pengunjung turut bernostalgia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Andhika Permata mengatakan, untuk menambah keseruan acara, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta menghadirkan penampilan Hedi Yunus di puncak acara. Penyanyi grup band Kahitna itu memeriahkan panggung ISF 2024 dengan suara merdunya. Para pengunjung pun turut larut dalam lagu-lagu yang dinyanyikannya.

“Mari kita rayakan Jakarta Day at Indonesia Street Festival New York dengan penuh suka cita. Senantiasa ikatan antara Jakarta dan New York semakin kuat dan menciptakan berbagai peluang kerja sama yang bermanfaat bagi kedua kota. Saya mengajak anda untuk Explore Jakarta and Discover Indonesia,” kata Andhika.

 

Pewarta: ANTARA

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024