Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, Jawa Barat, menggelar sosialisasi Pilkada 2024 kepada pemilih pemula pada sejumlah sekolah negeri dan swasta di wilayah tersebut.

Sekretaris KPU Kota Bogor Hangga Pramaditya di Kota Bogor, Sabtu, mengatakan sosialisasi ini telah dilaksanakan di enam sekolah antara lain; Kecamatan Tanah Sareal di SMAN 6 Bogor, Bogor Tengah di SMA Regina Pacis, Bogor Barat di MAN 1, m Bogor Timur di MAN 2, Bogor Utara di SMAN 7, dan Bogor Selatan di SMAK Tunas Harapan.

“Materi yang disampaikan perihal pelaksanaan pilkada. Mulai dari hari dan tanggal pencoblosan, siapa yang punya hak memilih, persyaratan memilih, hingga pengenalan para pasangan calon,” jelasnya.

Baca juga: KPU Kota Bogor terima pengajuan pindah memilih Pilkada 2024

Selain itu, kata Hangga, siswa-siswi juga diberi arahan untuk memastikan bahwa mereka sudah terdata sebagai pemilih di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dari 815.249 pemilih, sebanyak 12.840 di antaranya merupakan pemilih pemula yang dilakukan perekaman KTP Elektronik tahun ini.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Bogor Darma Djufri mengatakan sosialisasi di sekolah ini diharapkan bisa membuat pemilih pemula di kota Bogor terlibat aktif untuk datang ke TPS pada 27 November 2024.

Setelah ini, kata Darma, sosialisasi terus akan dilakukan ke pemilih pemula lewat PPK di tiap kecamatan.

Baca juga: KPU Kota Bogor gelar Gebyar Pasar untuk sosialisasi Pilkada 2024

“Alhamdulillah untuk partisipasi masyarakat kami sudah ada beberapa program yang telah berjalan,” ucapnya.

Dia berharap partisipasi masyarakat kota Bogor pada Pilkada nanti bisa meningkatkan. Masyarakat yang sudah mendapatkan sosialisasi juga diharapkan bisa menyebarkan ke keluarga dan lingkungan. 

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024