Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) meluluskan 1.984 wisudawan dengan 1.076 lulus dengan predikat cumlaude yang  berasal dari tujuh program studi (prodi) dan satu program pasca-sarjana.

"Tentu wisuda ke 40 ini sangat bermakna sekali karena dengan usia kami yang ke-42 dan wisuda yang ke-40 kalinya tentu pola wisuda ini ada sedikit perubahan dalam pelaksanaannya," kata Direktur PNJ Syamsurizal usai melakukan wisuda di Bakairung Universitas Indonesia (UI), Depok, Sabtu.

Wisuda kali ini mengusung tema “40 Years of PNJ Graduates Excellence Shaping Global Competence”.

Dari keseluruhan lulusan terdapat 183 lulusan (9,3 persen) dari program kerja sama pendidikan yakni dengan PT Solusi Bangun Indonesia, CCIT Fakultas Teknik UI, Management and Science University (MSU), Malaysia, Jakarta Global university (JGU), PT Badak LNG,  Asia e University (AeU), Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta (STTJ), dan RPL Renewavle Energi Skill Development (RESD).

Baca juga: Liugong gelar kompetisi teknik keahlian alat berat di PNJ pada 17-18 Oktober
Baca juga: Rayakan Dies Natalis ke-42, PNJ Gelar Pekan Inovasi hingga Pesta Rakyat

Hingga wisuda PNJ ke-40 hari ini, Kampus PNJ telah menghasilkan 45.995 lulusan terdiri atas 29.001 lulusan bidang rekayasa dan 16.994 lulusan bidang tata niaga.

PNJ dapat meluluskan dan mewisuda mahasiswa Program Diploma, Program Sarjana Terapan, dan Program Magister Terapan. 

Ia mengatakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka 2024 telah dijalankan. Selain itu juga Program Magang dan Studi Independen (sebanyak 348 mahasiswa), dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (inbound 46 mahasiswa dan outbound 9 mahasiswa), serta  IISMAVO (45 mahasiswa), dan Program Mahasiswa Wirausaha (168 mahasiswa).

Pada Program International Student Mobility 2024 mahasiswa PNJ mengikuti Program Co-funding dengan Politeknik Sultan Ahmad Syah (Polisas) China, Students Exchange Gumi University-Korea Selatan, dan melaksanakan magang di Liuzhou Collage Polytechnic University (LZPU).

Baca juga: Politeknik Negeri Jakarta gelar Pemilihan Duta Kampus

Dual Bachelor Degree Programs di Saint-John University di Taiwan, serta program budaya dengan LZPU China (inbound), Program Darmasiswa Republik Indonesia (DRI), magang di LiuGong, industri besar di Liuzhou, China.

Tahun 2024 ini PNJ memperingati hari ulang tahun kelahiran yang ke-42. Dies Natalis Ke-42 Tahun 2024 ini mengusung tema "Together We Are Strong".

Syamsurizal mengatakan banyak sekali perusahaan yang bekerja sama dengan PNJ antara lain PT Badak, PT.SBI, dan masih banyak lagi.

Saat ini PNJ mempunyai kerja sama sekitar 350 kerja sama dimana 40 persen berskala internasional, sedangkan 60 persen nasional,

"Banyak perusahaan sudah berkomitmen untuk MoU. Dalam salah satu isinya adalah perusahaan tersebut berniat untuk menarik sebagai karyawannya," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024