Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jabar, menerima bantuan anggaran dari pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp17,63 miliar untuk perbaikan kerusakan jalan di daerah tersebut.

"Tentu saja kami merasa sangat terbantu. Dengan keterbatasan anggaran daerah, bantuan dari pusat melalui DAK seperti napas segar," kata Penjabat Bupati Purwakarta, Benni Irwan, saat peresmian jalan yang sumber anggarannya dari pemerintah pusat, di Purwakarta, Jumat.

Ia menyampaikan bahwa pada tahun ini Pemkab Purwakarta menerima bantuan anggaran dari pemerintah pusat sebesar Rp17,63 miliar melalui DAK, yang dialokasikan untuk memperbaiki enam ruas jalan di berbagai kecamatan. Di antaranya ruas jalan Pusakamulya-Pasir Muncang.

Menurut Benni, pembangunan jalan ini bukan hanya untuk kepentingan transportasi sehari-hari warga Purwakarta, tetapi juga sebagai jalur strategis menuju lokasi wisata.

"Jalan ini bisa mendongkrak sektor ekonomi, terutama di bidang wisata (Ujung Aspal) dan pertanian," katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, anggota DPR RI Puteri Anetta Komarudin yang berasal dari Purwakarta.

Dalam sambutannya, Puteri Komarudin mengatakan bahwa perjuangan mendapatkan anggaran DAK ini adalah hasil kerja sama yang erat antara legislator dan pemerintah daerah.

Disebutkan bahwa realisasi enam ruas jalan ini adalah bukti komitmen untuk memprioritaskan infrastruktur yang paling mendesak. Meski pengajuan awal mencakup 20 ruas jalan dengan kebutuhan Rp20 miliar, hanya enam yang dapat direalisasikan tahun ini.

Namun Puteri optimistis, sisanya akan diperjuangkan dan akan direalisasikan pada tahun berikutnya.

Ia berjanji akan terus memperjuangkan aspirasi masyarakat Purwakarta di DPR RI, baik soal infrastruktur maupun hal lainnya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024