Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor menjelaskan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) masih terus hadir di Pemerintahan Prabowo-Gibran dan tidak digantikan dengan Kementerian Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

“Ada masih (Kemnaker). BP2MI itu sekarang ditingkatkan menjadi Kementerian Penempatan Migran Indonesia,” kata Afriansyah Noor di sela-sela kegiatan peluncuran Program “Fasilitas Pembiayaan Khusus PMI untuk Bekerja ke Jepang” di Jakarta, Jumat.

Nantinya, kata dia, kementerian yang baru tersebut bakal diduduki oleh politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding yang sudah setia dengan PKB sejak tahun 1990.

Baca juga: Kemnaker cari solusi atas dampak regulasi RPMK bagi pekerja sektor tembakau

“Itu yang akan dijabat oleh Saudara Karding. Kalau Kementerian Ketenagakerjaan itu ada tetap. Gak bisa dipisahkan itu,” tutur dia.

Sebelumnya sosok politisi senior dari PKB ini terlihat mendatangi kediaman presiden terpilih di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, pada Senin (14/10) yang lalu.

Dalam pertemuannya itu ia menyatakan salah satu isu yang dibahas adalah perlindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI). Ia juga menyebutkan bahwa Prabowo meminta bantuannya dalam membuka peluang kerja di luar negeri.

Setelah informasi tersebut disampaikan, Abdul Kadir mengakui bahwa ia kemungkinan besar diminta menjadi menteri. Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) di dalam kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: PLTU Batang raih penghargaan sertifikat emas dan Bendera Emas 2024 dari Kemnaker

Seperti diketahui bersama, Abdul Kadir Karding juga pernah terpilih untuk menduduki jabatan di berbagai instansi penting yang ada di Indonesia, seperti menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Rakyat (DPRD) Jawa Tengah (Jateng), hingga berhasil duduk di bangku parlemen yakni Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada masa periode 2009-2014.

Tidak hanya sampai situ saja, karirnya dalam partai PKB juga sempat menempati posisi yang strategis. Ia sempat mendampingi Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menjadi Sekretaris Jendral DPP PKB periode 2014-2019 yang lalu.

Pewarta: Chairul Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024