PT Pamapersada Nusantara, perusahaan jasa kontraktor pertambangan batu bara terkemuka yang mengembangkan solusi lengkap penyediaan energi, mineral, dan pelestarian lingkungan, berhasil meraih penghargaan tertinggi di ajang IQSA 2024, yaitu ““The Best Of The Best Company Concerned QHSE Excellent”.

Selain penghargaan tertinggi tersebut di atas, Pamapersada Nusantara juga merengkuh lima penghargaan IQSA 2024 lainnya yaitu “The Champion of The Year For QHSE Excellent”, “The Best Innovation For QHSE”, “The Best QHSE Digital Transformation”, “The Best Director QHSE Excellent” (Ari Sutrisno), dan “The Best Senior Vice President/Vice President For QHSE Excellent” (Herjadi Budiman).

Berkat keberhasilannya sebagai perusahaan yang meraih penilaian tertinggi dari dewan juri dan menjadi juara umum dalam ajang IQSA 2024, Pamapersada Nusantara terpilih menjadi salah satu dari dua perusahaan peraih penghargaan IQSA 2024 yang akan mewakili Indonesia untuk menjadi international speaker dalam forum K3 Internasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI bekerjasama dengan Turki dan Azerbaijan.

Keberhasilan Pamapersada Nusantara di atas adalah berkat komitmen kuat perusahaan ini didalam penerapan Safety, Health and Environment (SHE) secara holistik (menyeluruh) dan optimal di perusahaan.

“Pama sangat berkomitmen terhadap Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan yang tercermin dari Visi dan Misi Perusahaan,” kata Direktur SHE, HCGS & BUSDEV PT Pamapersada Nusantara – Ari Sutrisno dalam keterangannya, Rabu.

Menurut Ari Sutrisno, Pamapersada Nusantara sangat concern guna menerapkan SHE  secara maksimal. Pentingnya aspek Safety, Health and Environment tercantum jelas di dalam misi perusahaan yang ketiga yang berbunyi, “Continuously attempt to master technology and engineering capability with environment, health and safety perspective for nation development”.

Safety, Health and Environment juga masuk di dalam core value perusahaan. Pama Core Value adalah sebagai berikut; Sinergy, Responsibility, Challenge, Improvement, SHE, Added Value.

Komitmen Pamapersada Nusantara terhadap penerapan SHE tidak hanya sebatas tertulis pada misi dan core value perusahaan saja. Karena dalam implementasinya, Pamapersada sangat serius  menjalankan komitmen penerapan SHE secara optimal di perusahaan.

“Pama selalu berupaya untuk mengimplementasikan SHE seoptimal mungkin dan menjadi prioritas perusahaan,” jelas Ari Sutrisno.

Komitmen kuat implimentasi SHE di atas antara lain tercermin juga didalam Kebijakan Keselamatan Pertambangan, Lingkungan Hidup dan Energi yang diberlakukan di Pamapersada Nusantara sebagai berikut;

Manajemen sistem keselamatan pertambangan, lingkungan hidup dan energi dijalankan dengan efektif untuk mencegah insiden (kejadian berbahaya, kerusakan harta benda, cidera, terhentinya produksi), penyakit akibat kerja, kejadian akibat penyakit tenaga kerja, narkoba, HIV/AIDS, pencemaran atau penurunan daya dukung lingkungan dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Inovasi dan perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) dilakukan dengan mempertimbangkan perkembangan praktik manajemen, ilmu pengetahuan, dan teknologi untuk meningkatkan competitive advantage dan kepuasan semua pemangku kepentingan.

Norma, Nilai Inti dan budaya perusahaan (6 Nilai Inti PAMA, Safety Beliefs, Ikrar Keselamatan Pertambangan dan Lingkungan Hidup, Pedoman Bekerja Aman dan Selamat/6PAS) menjadi cara berfikir dan bertindak setiap saat.

Evaluasi pemenuhan kewajiban penaatan peraturan perundang-undangan, dan persyaratan lainnya yang berlaku, serta menjalankan tata kelola perusahaan yang baik.

Rencana perancangan, perubahan dan modifikasi terhadap sarana prasarana, instalasi, dan peralatan pertambangan (SPIP), proses pembelian dan pengadaan barang dan jasa, pengelolaan perusahaan jasa pertambangan harus mempertimbangkan aspek keselamatan pertambangan, lingkungan hidup, dan energi.

Bahaya, risiko, dan peluang keselamatan pertambangan, aspek dan dampak lingkungan, melakukan konservasi energi dengan efektif dengan menjamin ketersediaan informasi dan sumber daya yang diperlukan, melestarikan lingkungan hidup, dan menjaga keanekaragaman hayati untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat dan berkelanjutan.

Akuntabilitas karyawan dalam aspek keselamatan pertambangan, lingkungan hidup, dan energi ditingkatkan dengan partisipasi, konsultasi, dan pemenuhan kompetensi.

Menurut Ari Sutrisno, Pamapersada Nusantara didalam implementasi SHE perusahaan selalu mengacu kepada perundang-undangan dan juga standar yang berlaku baik standar nasional maupun internasional.

PT Pamapersada Nusantara juga memiliki Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan yaitu PAMA SHE Management Systemm, yang berdasarkan pada Manual PSMS, Kepdirjen Minerba No. 185 Tahun 2018 tentang SMKP, ISO 45001:2018 dan AGC bidang pertambangan (Astra International).

Bagi para insan pertambangannya, Pamapersada Nusantara sangat concern untuk menjaga kesehatan dan keselamatan mereka. Terdapat panduan Safety Beliefs & Pedoman Bekerja Aman dan Selamat (6PAS) bagi karyawan.

“Pama selalu berusaha untuk menjadi perusahaan yang memastikan kehidupan sehat serta meningkatkan kesejahteraan untuk seluruh karyawan,” jelas Ari Sutrisno.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024