Bogor (Antara Megapolitan) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperidag) Kota Bogor, Jawa Barat melatih sejumlah masyarakat untuk menjadi wirausahawan baru.

"Program ini bertujuan selain untuk memberdayakan masyarakat, juga untuk menciptakan UKM dan IKM baru," kata Kepala Bidang Perindustrian, Diperindag Kota Bogor, Ery Drajat, di Bogor, Jumat.

Ery menyebutkan program Wirausahawan Baru (WUB) berlangsung setiap tahun, dimulai sejak 2012. Setiap tahun ada 20 orang yang dilatih dan diberi hibah peralatan.

Latihan berupa bimbangan teknis, seperti konvensi, operator mesin jahit, dan pengolahan makanan. Pelatihan berlangsung selama lima hari.

"Program wirusahawan baru ini adalah program dari Kementerian Perindustrian yang dilaksanakan oleh Disperindag Jawa Barat dan Kota Bogor," katanya.

Ia mengatakan program ini sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo untuk mencetak 10 juta tenaga kerja.

Saat ini, lanjutnya, terdapat 4.500 usaha kecil dan menengah yang terdata dan tercatat di Disperindag Kota Bogor. Dari jumlah tersebut sekitar 850 pelaku usaha menjadi binaan Disperindag.

Menurut Ery, keberadaan pengusaha berdampak positif salah satunya menyediakan lapangan pekerjaan. Satu industri mikro dapat memperkerjakan lima orang karyawaan. Jika keberadaanya terus ditingkatkan, maka kesulitan mencari kerja dapat teratasi.

Usaha kecil dapat menjadi solusi lapangan kerja di Kota Bogor," kata Ery.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017