Ketua MPR Ahmad Muzani akan menemui Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri pada Rabu (16/10), untuk menyerahkan surat undangan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2024.

"Besok saya akan bertemu dengan, insya-Allah, akan bertemu dengan Pak SBY dan Bu Megawati," ujar Muzani di Jakarta, Selasa.

Meskipun demikian, Muzani mengatakan belum mengetahui lokasi pertemuan tersebut. "Saya nggak tahu, apakah di Teuku Umar atau di mana," ucapnya.

Selain SBY dan Megawati, Muzani mengatakan pihaknya sudah berhasil menghubungi Anies Baswedan, yang merupakan salah satu calon presiden dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, terkait dengan konfirmasi kehadirannya dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2024.

Baca juga: MPR RI-LDII jalin kerja sama Sekolah Virtual Kebangsaan

"Mas Anies, insya-Allah, menyatakan akan hadir. Saya kontak dengan Mas Ganjar, belum bisa tersambung," ucap Muzani.

Terkait persiapan pelantikan, Muzani mengatakan pihak keamanan sudah siap dan siaga. Kondisi politik dan masyarakat pun ia nilai kondusif.

"Saya kira kondisinya sangat bagus, dan insya-Allah kondisinya sangat kondusif," ucap Muzani.

Sebelumnya, Muzani mengatakan telah mengirimkan undangan pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden-Wakil Presiden 2024-2029 kepada seluruh kandidat pemilihan presiden (Pilpres) 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Baca juga: Ketua MPR sarankan kebijakan potongan gaji untuk Tapera ditunda

"Para kandidat calon presiden, sudah kami undang. Pak Anies dan Mas Ganjar dan para kandidat wakil presidennya sudah kami undang," kata Muzani di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/10).

Agenda pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih diagendakan berlangsung pada 20 Oktober 2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, pada 20 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB.

Dalam kesempatan terpisah, mantan calon presiden Ganjar Pranowo mengatakan akan menghadiri pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI, 20 Oktober 2024.

Ganjar saat ditemui di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, D.I Yogyakarta, Senin (14/10), mengaku telah menerima surat undangan pelantikan itu.

"Sudah, sudah ada (undangan). Insya-Allah (hadir)," ucap Ganjar.

Pewarta: Putu Indah Savitri

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024