Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, meresmikan tiga zona layanan ibadah haji dan umroh untuk wilayah timur, barat, dan selatan, di tiga Kantor Urusan Agama (KUA).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bogor Syukri Ahmad Fanani saat peresmian secara hibrid di Kantor Pusat Layanan Haji dan Umroh, Cibinong, Senin, mengungkapkan inovasi ini untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat Kabupaten Bogor, karena memiliki wilayah yang luas yakni 40 kecamatan.

Pelayanan zona barat dipusatkan di KUA Kecamatan Leuwiliang, zona timur di KUA Kecamatan Jonggol dan zona selatan di KUA Kecamatan Ciawi.

"Ini prinsipnya untuk mendekatkan pelayanan, bagi masyarakat Kabupaten Bogor yang ingin mengurus ibadah haji dan umroh bisa mengakses layanan terdekat," ungkap Syukri.

Baca juga: Kemenag Bogor luruskan ke Pansus hanya dapat tambahan 136 kuota haji reguler
Baca juga: Pansus Haji 2024 sidak kantor Kemenag Bogor soal kisruh kouta haji tambahan

Sementara Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat (Jabar) Boy Hari Novian di tempat yang sama mengapresiasi inovasi yang dilakukan Kantor Kemenag Kabupaten Bogor.

Menurut dia, dengan adanya layanan baru di tiga zona wilayah Kabupaten Bogor, masyarakat di pelosok tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor pusat layanan haji dan umroh di Cibinong.

"Ini inovasi yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat dan mudah-mudahan ini bisa dilaksanakan di seluruh Jawa Barat, sehingga untuk daerah-daerah yang ke pusatnya lumayan jauh itu bisa terlayani dengan baik yang ingin mendaftar haji," ungkap Boy Hari.

Baca juga: Kemenag Bogor butuh fasilitas berupa tempat manasik penunjang ibadah haji

Jumlah jamaah haji asal Kabupaten Bogor merupakan yang terbanyak dibandingkan kota/kabupaten lain di Indonesia. Pada tahun 2024 secara keseluruhan jamaah haji asal Kabupaten Bogor yang diberangkatkan ke Tanah Suci ada sebanyak 3.707 orang, terbagi menjadi 10 kloter dengan dua gelombang keberangkatan.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024