Universitas Indonesia (UI) tetap mempertahankan posisinya sebagai satu-satunya universitas di Indonesia yang berhasil menembus peringkat 801–1.000 dalam pemeringkatan dunia versi Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) 2025.

Pada tahun ini peringkat tersebut diraih di antara 2.092 universitas dari 115 negara di dunia, selain itu UI juga berhasil menduduki peringkat pertama di Indonesia dan ke-8 di Asia Tenggara.

Rektor UI Prof Ari Kuncoro di Kampus UI Depok, Jumat, memberikan apresiasi atas pencapaian kenaikan skor dan peringkat UI pada lima bidang utama kriteria penilaian THE WUR 2025, yang menjadi bukti keseriusan UI untuk menjadi flag carrier pendidikan Indonesia di kancah internasional.

"Jika kenaikan ini dilakukan secara konsisten, UI optimis dapat menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing global,” katanya.

Baca juga: Prof.Heri Hermansyah sukses naikkan rangking FTUI di QS WUR 2024

Keberhasilan UI dalam THE World University Rankings 2025 diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi lainnya di Indonesia untuk terus meningkatkan mutu dan berkompetisi di tingkat dunia.

Pemeringkatan THE WUR 2025 menggunakan metodologi baru yang dikenal dengan WUR 3.0, yang mengukur performa universitas dalam lima bidang utama yaitu pengajaran, lingkungan penelitian, kualitas penelitian, keterlibatan industri, dan pandangan internasional.

Masing-masing bidang tersebut dinilai berdasarkan 18 indikator yang mencerminkan reputasi, produktivitas, dan dampak dari institusi yang bersangkutan.

Dalam bidang pengajaran, UI memperoleh bobot penilaian sebesar 29,5 persen yang diukur dari berbagai faktor, seperti reputasi pengajar, rasio staf terhadap mahasiswa, serta pendapatan institusional.

Baca juga: Peringkat UI naik ke posisi 206 dari 237 versi QS WUR 2025

Lingkungan penelitian memberikan bobot 29 persen, sementara kualitas penelitian membawa bobot terbesar yaitu 30 persen yang dinilai dari kekuatan serta pengaruh penelitian yang dilakukan.

Di bidang keterlibatan industri dan pandangan internasional masing-masing mendapat bobot 4 persen dan 7,5 persen.

Peningkatan UI di THE WUR 2025 tidak hanya terlihat dalam skor tetapi juga pada peringkat di tiga bidang utama.

Baca juga: UI duduki posisi terbaik di Indonesia versi QS WUR by Subjects 2024

Dalam bidang pengajaran, UI naik peringkat dari 198 menjadi 194. Keterlibatan industri mengalami kenaikan dari 773 menjadi 712, sementara pada pandangan internasional, UI naik dari peringkat 576 ke 527.

"Ini menjadi bukti nyata perbaikan kualitas dalam berbagai aspek, baik dari segi pengajaran maupun keterlibatan industri," kata Prof. Ari.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024