Calon bupati Karawang, yang merupakan petahana Aep Syaepuloh akan menambah rumah sakit umum daerah di kecamatan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan fasilitas kesehatan.

"Pembangunan infrastruktur kesehatan berupa rumah sakit ini sangat diperlukan. Rencananya akan kami lanjutkan program ini, dengan membangun satu lagi rumah sakit umum daerah," kata Aep, di Karawang, Jawa Barat(Jabar), Jumat.

Ia menyampaikan bahwa saat ini Karawang telah memiliki sejumlah rumah sakit umum, yakni RSUD Karawang yang berlokasi di Kecamatan Telukjambe Timur, RSUD Jatisari yang berlokasi di Kecamatan Jatisari dan RSUD Rengasdengklok yang kini tengah proses pembangunan.

Baca juga: Cabup Karawang Aep Syaepuloh: Saya tidak sampaikan "harapan kosong"
Baca juga: Cabup petahana Karawang Aep Syaepuloh tekankan pentingnya pembangunan infrastruktur

Sesuai dengan perencanaan, pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rengasdengklok akan rampung pada tahun ini.

"Jika saya terpilih kembali menjadi bupati, insya Allah tahun 2027 nanti akan diajukan anggaran untuk pembangunan rumah sakit umum, yang lokasinya di antara Kecamatan Tempuran atau Telagasari," katanya.

Sebagaimana diketahui kalau Karawang ini merupakan daerah yang cukup luas, mencakup 30 kecamatan dan 309 desa/kelurahan. Sehingga perlu adanya fasilitas kesehatan yang jaraknya dekat dengan masyarakat.

Alhasil, masyarakat yang membutuhkan perawatan atau penanganan medis secara serius, tidak perlu lagi ke RSUD Karawang, karena di daerahnya ada rumah sakit umum daerah.

"Insya Allah, itu akan terlaksana jika saya kembali terpilih menjadi bupati pada periode berikutnya," katanya.

Baca juga: Akademisi: Pasangan Aep-Maslani berpotensi unggul di Pilkada Karawang

Ditanya tentang anggaran untuk pembangunan rumah sakit umum itu, Aep menyampaikan, Pemkab Karawang mampu mengalokasikannya jika APBD Karawang dikelola dengan baik dan benar.

"Anggaran yang dibutuhkan itu kurang lebih sama dengan anggaran pembangunan pembangunan RSUD Rengasdengklok, sekitar Rp250 miliar," katanya.

Pada Pilkada Karawang tahun ini, calon bupati Karawang Aep Syaepuloh didampingi wakilnya, Maslani. Selain pasangan Aep-Maslani, ada juga pasangan lain yang berkontestasi pada pilkada serentak di Karawang, yakni pasangan Acep Jamhuri-Gina Fadlia Swara. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024