Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Akbar Habibie menekankan jika terpilih pada Pilgub Jabar akan memprioritaskan terbukanya lapangan pekerjaan dan mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Pada kesempatan ini, jika terpilih sebagai wakil gubernur, ada beberapa hal yang ingin saya tekankan. Di antaranya terbukanya lapangan pekerjaan dan mendukung pengembangan UMKM," kata Ilham Habibie saat kampanye terbatas di Karawang, Minggu.

Ia juga menyampaikan akan menekankan dunia pendidikan yang baik sebagai upaya mempersiapkan sumber daya manusia unggul. Sehingga saat lulus siap bersaing di dunia kerja atau mampu mengembangkan UMKM..

Baca juga: Cawagub Ilham Akbar Habibie berolahraga bareng masyarakat Karawang
Baca juga: Dedi Mulyadi: Jabar butuh lima PLT Sampah

Menurut dia, selama ini di berbagai wilayah di Jawa Barat, persoalan sempitnya lapangan pekerjaan cenderung masih menjadi 'pekerjaan rumah' pemerintah daerah. Sehingga ke depan pihaknya akan fokus untuk membuka lebar lapangan pekerjaan.

“Saya sudah keliling ke banyak tempat di Jawa Barat, sebagian besar kurang terbukanya lapangan pekerjaan. Tentunya itu menjadi pekerjaan kita bersama, baik pemprov dan pemerintah pusat serta pemerintah daerah,” katanya.

Selain itu, kata dia, jika melihat Karawang misalnya, sebenarnya Karawang memiliki potensi besar di bidang industri dan pertanian. Tentu potensi tersebut harus terus didorong dan dikembangkan.

"Karawang ini contoh, ada dua faktor yang kuat, industri dan pertanian. Di tahun 2024 ini, industri harus benar-benar selaras dengan lingkungan, serta harus ada dorongan hilirisasi pertanian di Jabar," katanya.

Baca juga: KPU Jabar batasi pengeluaran dana kampanye paslon maksimum Rp150 miliar

Sementara itu, pada Pilkada 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat telah menetapkan empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan berkontestasi.

Keempat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat itu ialah pasangan nomor urut satu Acep Adang Ruchiat-Gitalis Dwi Natarina (PKB) serta pasangan nomor urut dua Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja (PDIP).

Kemudian pasangan nomor urut tiga Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie (PKS, NasDem dan PPP) serta pasangan nomor urut empat Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan yang diusung Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, Partai Buruh, Perindo, Gelora, PBB, Partai Garuda dan PKN.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024