Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar Kirab Pilkada 2024 dari titik Museum Gedung Juang 45 di Jalan Sultan Hasanuddin, Kecamatan Tambun Selatan sebagai salah satu bagian dari tahapan pemilihan kepala daerah.
 
Ketua KPU Kabupaten Bekasi Ali Rido menyatakan acara Kirab Pilkada ini merupakan bagian dari upaya sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak 2024.
 
"Melalui kirab ini kita sosialisasikan tahapan Pilkada 2024 menyangkut kapan hari pemungutan suara, siapa calon peserta dan hal lain untuk meningkatkan partisipasi sekaligus menjadikan pemilih yang cerdas," katanya di Cikarang, Minggu.
 
Baca juga: KPU Kabupaten Bekasi terima logistik Pilkada 2024 secara bertahap
 
Ia menjelaskan kirab ini berangkat dari Museum Gedung Juang 45 dan akan diteruskan hingga ke lingkup aparatur terkecil masyarakat yakni 23 kecamatan dan 187 desa serta kelurahan dengan dibantu jajaran panitia pemilihan kecamatan serta panitia pemungutan suara di masing-masing wilayah.
 
"Penyelenggaraan kegiatan ini dibagi berdasarkan wilayah yakni utara, selatan, timur, dan barat untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilih pada 27 November 2024 mendatang," ucapnya.
 
Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Jaoharul Alam berharap penyelenggaraan kirab ini mampu meningkatkan angka partisipan pemilih pada Pilkada 2024 mendatang.
 
Baca juga: KPU Kabupaten Bekasi tetapkan nomor urut tiga paslon Pilkada 2024 melalui rapat pleno terbuka
 
"Kami mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada 2024 dengan memberikan hak pilih. Karena suara yang kita miliki sangat penting dalam menentukan arah pembangunan daerah ke depan," katanya.
 
Menurut dia momentum Pilkada Serentak 2024 merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk ikut memilih pemimpin terbaik yang dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan sekaligus membangun daerah ke arah yang lebih baik.
 
"Kami berharap kirab ini bukan hanya sebatas seremonial saja tapi juga menjadi simbol dari harapan dan semangat masyarakat Kabupaten Bekasi dalam menyambut pesta demokrasi yang akan datang," katanya.

Baca juga: KPU Kabupaten Bekasi tetapkan DPT Pilkada 2024 capai 2.251.856 jiwa
 
Jaoharul juga menegaskan semua pihak memiliki tanggung jawab bersama untuk menjaga kesatuan dan persatuan serta memastikan bahwa Pilkada 2024 berjalan dengan lancar, aman dan damai.
 
"Bukan tugas kami saja selaku pemerintah daerah dan juga KPU serta Bawaslu sebagai penyelenggara namun ini tanggung jawab kita bersama untuk menyukseskan pesta demokrasi rakyat lima tahunan agar berlangsung aman dan damai serta menghadirkan sosok pimpinan yang sesuai pilihan masyarakat," kata dia.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024