Pj. Bupati Bogor, Bachril Bakri lakukan Rapat Koordinasi dengan anggota pengurus Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS), guna membangun perekonomian masyarakat di Desa Cibunian Kecamatan Pamijahan melalui optimalisasi Peran P2WKSS, yang berlangsung di GOR Kecamatan Pamijahan, Kamis (3/10/24).

Pada kesempatan ini, Pj. Bupati Bogor didampingi Pj. Ketua TP PKK, Pj. Sekretaris Daerah dan Aspemkesra selain melakukan Rakor juga dilaksanakan penyerahan bantuan secara simbolis kepada anak-anak stunting, ibu hamil, warga rentan miskin, bantuan ketahanan pangan dan bantuan DOC ayam kampung untuk kelompok Bangun Jaya Yani. Juga dilakukan peninjauan langsung Desa Binaan P2WKSS yang terletak di Desa Cibunian Kecamatan Pamijahan.

Pj. Bupati Bogor, Bachril Bakri mengungkapkan bahwa, pembangunan ekonomi merupakan salah satu aspek penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, dimana perempuan merupakan salah satu aktor strategis dalam pembangunan.

"Peran perempuan dalam pembagunan diharapkan ada, mulai dari unit terkecil dalam bermasyarakat yakni sebuah keluarga sampai dengan pembangunan di tingkat nasional yang dapat mengubah kehidupan masyarakat lebih baik dan sejahtera," ungkap Pj. Bupati Bogor.

Lanjut Bachril Bakri bahwa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus berkomitmen untuk meningkatkan peran wanita dalam pembangunan bahkan di tahun 2023 capaian Indeks Pembangunan Gender (IPG) Kabupaten Bogor telah mencapai 90,26 poin IPG yang mendekati 100 artinya secara jelas mengindikasikan bahwa semakin kecil kesenjangan pembangunan antara laki-laki dan perempuan.

Pencapaian ini terus mengalami tren positif selama kurang lebih lima tahun terakhir.

"Tentunya kita berharap dengan strategi pemberdayaan perempuan serta kontribusi berbagai pemangku kepentingan, pencapaian IPG Kabupaten Bogor akan terus meningkat setiap tahunnya," ungkapnya.

Perlu diketahui, berbagai program prioritas telah dilaksanakan oleh Pemkab Bogor untuk memastikan perempuan berpatisipasi aktif dalam pembangunan salah satunya adalah P2WKSS untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas.

"Diharapkan masyarakat khususnya kaum perempuan dapat mengubah pola pikirnya agar mampu memperdayakan dirinya menjadi semakin produktif dan aktif dalam pembangunan, terutama di desa binaan Desa Cibunian Kecamatan Pamijahan dengan target 100 Kepala Keluarga yang akan dibina. Semoga rakor ini berjalan lancar dan menghasilkan rumusan kebijakan yang dapat mensukseskan pelaksanaan kegiatan P2WKSS," bebernya.

Pewarta: Diskominfo Kabupaten Bogor

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024