Sebanyak 15 pengusaha Indonesia berkunjung ke empat pabrik dan satu perusahaan logistk di Amerika Serikat (AS) untuk belajar langsung cara pabrik melaksanakan sistem manajemen The Great Game of Business®, sebuah sistem manajemen terbaru yang banyak sekali perusahaan di Indonesia belum tahu dan belum menjalankannya.

Coach Yusman dalam keterangannya, Rabu menyampaikan selama tiga hari kunjungan, para pengusaha Indonesia bertemu dengan CEO SRC Holdings Jack Stack dan CEO semua perusahaan yang dikunjungi. Jack Stack ialah founder sistem manajemen The Great Game of Business®.

Saat kunjungan, pengusaha belajar manajemen internal setiap pabrik terutama cara pabrik melaksanakan sistem The Great Game of Business®.

“Para pengusaha juga melihat langsung proses produksi dari awal sampai akhir, ikut langsung dua meeting manajemen perusahaan, ikut Morning Leadership Walk di pabrik SRC Electrical, serta berdiskusi dengan general manager pabrik, kepala pabrik, dan orang lapangan,” ucap Coach Yusman yang juga aktif di Instagam @coachyusman.

Kunjungan ini dilakukan para pengusaha Indonesia di Springfield, Missouri, AS. Pengusaha Indonesia tersebut memiliki jenis bisnis perkapalan, logistik, houseware (water heater), information technology (IT) company, hotel dan resto, serta aksesoris fesyen perempuan.

Perusahaan yang dikunjungi antara lain SRC Heavy Duty (pabrik rekondisi mesin mobil alat berat), SRC Automotive (pabrik perakitan mesin motor Harley Davidson, mesin kapal Merek Mercury, dan mesin mobil penumpang Ford & General Motors).

Selanjutnya, Kantor Pusat SRC Holdings mencakup SRC Electrical (pabrik produksi barang sparepart elektronik untuk mobil) SRC Logistics (perusahaan logistik pengiriman dan gudang penyimpanan besar), CNH Reman (pabrik perakitan dan rekondisi axel, transmisi, dan sparepart alat pertanian).

Kegiatan ini merupakan insiatif pelatih bisnis terbaik di Indonesia Coach Yusman S karena dinilai sangat menarik.

Coach Yusman ialah business coach pertama dan satu-satunya di Indonesia bahkan Asia, yang bisa membawa pengusaha Indonesia datang dan masuk untuk belajar secara langsung di pabrik-pabrik AS tersebut.

Aktivitas Coach Yusman bisa dilihat melalui www.coachyusman.com, dan ia merupakan satu-satunya pemegang lisensi The Great Game of Business® di Indonesia.

Sebagai pelatih bisnis, Coach Yusman juga tercatat sebagai Global Top 50 Business Coach ActionCoach dan pemenang tiga penghargaan global yang mendapat sertifikasi AS sejak 2007. Ia sebagai salah satu dari 25 orang di dunia yang meraih Global Hall of Fame Business Coach.

SRC Holdings ialah perusahaan induk dari semua perusahaan yang dikunjungi, dengan omset Rp10 triliun per tahun dan memiliki 2.000 karyawan serta menjalankan sistem The Great Game of Business®. Perusahaan yang sudah berumur 40 tahun tersebut telah menjalankan ESOP (Employee Stock ownership Program) yakni saham perusahaan dimiliki 100% oleh semua karyawan.

Perusahaan ini pada 1983 hampir bangkrut dan memiliki rasio hutang DER (debt to equity ratio) sebesar 89.000 kali. Rasio hutang ini merupakan rasio hutang yang luar biasa sangat besar, tetapi Jack Stack sebagai CEO bisa memutar balik kondisi perusahaan menjadi sehat hanya dalam 7 tahun dengan sistem The Great Game of Business®, karyanya sendiri.

“Perusahaan dengan rasio hutang 89.000 kali, tidak pernah ada yang berhasil jadi sukses. Biasanya sudah bangkrut. Namun, SRC malah berhasil dan menjadi besar. Dari 119 karyawan, dan sekarang setelah 40 tahun menjadi 2.000 karyawan,” sebut Coach Yusman. 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024