Penjabat Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Sila Botutihe mengajak masyarakat untuk mengampanyekan pengurangan sampah di wilayah pesisir, seperti yang konsisten dilakukan masyarakat di Desa Dunu, Kecamatan Monano.

"Saya harap kita semua, seluruh elemen masyarakat ikut mengampanyekan dan melakukan kegiatan bersih sampah di wilayah pesisir secara konsisten. Ini menjadi upaya mendukung pelestarian lingkungan khususnya membersihkan sampah plastik baik yang ada di darat, khususnya di laut," kata Sila di Gorontalo, Senin.

Menurut dia secara holistik kampanye pengurangan sampah di wilayah pesisir akan menjadi rantai hijau dari keberlangsungan alam yang bersih dan sehat di wilayah dengan panjang garis pantai mencapai 371 kilometer itu.

Baca juga: DLH DKI angkut 83 meter kubik sampah dari Pesisir Marunda Kepu Jakut
Baca juga: Komunitas The Mulung berhasil kumpulkan sampah 21 kantong dalam kegiatan rutin 'Mulung Lagi'

Pemerintah daerah akan terus mengajak dan melakukan upaya bersih pantai dan kawasan pesisir secara masif melalui gerakan bersama, baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat kelompok-kelompok masyarakat.

Kegiatan bersih kawasan pesisir, kata Sila, diharapkan dilakukan secara periodik dan menjadi kegiatan rutin masyarakat, khususnya yang ada di 78 daerah pesisir dari 123 desa yang ada.

Pj Bupati juga mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah di daerah aliran sungai yang menjadi pemicu banjir maupun bencana alam yang tidak diinginkan bersama.

Baca juga: Ribuan warga melakukan aksi bersih-bersih sampah di pesisir Pantai Talang Siring Pamekasan

Masyarakat pun diharapkan turut mengawasi atau saling mengawasi untuk mencegah siapa saja membuang sampah di sungai.

"Kita jaga laut kita dari sampah khususnya sampah plastik yang dapat mengancam kelestarian lingkungan bawah laut," imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024