Depok (Antara Megapolitan) - Sosok Buang Jayadi yang dikenal sebagai orang yang mempertahankan alat musik tradisional Gong Si Bolong yang merupakan alat kesenian yang berbentuk gong dan bolong di bagian tengah. 

"Gong si bolong memiliki sejarah yang sangat panjang, saya merupakan generasi pewaris  ketujuh  yang meneruskan kesenian gong dan sudah mempelajari gong si bolong sejak tahun 1952masehi," kata Buang Jayadi saat ditemui di Sanggar Pustaka jaya Tanah baru. Sabtu.

Alat musik tradisional ini merupkan ikon dari Depok Jawa Barat . keberadaan gong si bolong saat ini dalam suatu sanggar di wilayah Tanah baru. 

Dikatakannya, bahwa sebetulnya Depok memiliki banyak budaya kesenian. Namun hanya satu yang bertahan dan berkembang yaitu Gong si Bolong. Saat ini pewaris Gong Si Bolong masih bertahan dan tetap melestarikan kesenian Gong Si Bolong.

"Anak muda zaman sekarang sudah sukanya dengan kesenian modern, Kalau saya sudah tiada saya tidak tahu lagi siapa yang ingin melanjutkan," katanya.

Ia mengatakan, bahwa dirinya sudah menjadi ketua dari kesenian Gong si Bolong sejak tahun 2007 hingga saat ini.  

Sebelum menjadi ketua dikatakannya bahwa dirinya pernah menjadi pemain hingga saat ini mendapatkan warisan Gong si Bolong. 

"Belum ada yang menggatikan karena belum ada yang bisa merawat Gong Si Bolong” katanya.

Ia mengatakan sampai saat ini Gong Si Bolong bertahan dan sering melakukan pertunjukan pada acara nikahan, hajatan, mengisi peringatan Kota Depok dan sering diundang ke Fatahillah Kota Jakarta. 

Pewarta: Nadia Rizky Destiana

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017