Dua pasangan calon Bupati Bogor 2024, Rudy Susmanto - Ade Ruhandi dan Bayu Syahjohan - Musyafaur Rahman, mendeklarasikan kampanye damai yang diinisiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, di Cibinong, Selasa.

Ketua KPU Kabupaten Bogor Muhammad Adi Kurnia menjelaskan, deklarasi damai ini merupakan komitmen seluruh penyelenggara, maupun peserta pilkada, termasuk para pendukungnya untuk menjaga proses pesta demokrasi tetap kondusif.

"Kita sudah berkomitmen bersama, kita sudah menandatangani deklarasi damai untuk menjaga pilkada aman, nyaman dan kondusif," kata Adi.

Baca juga: Bawaslu Kabupaten Bogor ingatkan paslon kampanye sesuai aturan
Pada kesempatan itu, dia pun mengajak kampanye Pilkada Kabupaten Bogor 2024 berjalan tanpa hoaks dan kampanye hitam.

Sementara, proses kampanye calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor akan mulai berjalan pada 25 September hingga 23 November 2024.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor Burhanuddin mengingatkan seluruh pasangan calon dan pendukung untuk menjaga maruah demokrasi. Tanpa adanya embel-embel yang menyebabkan hal itu tercederai.

"Kami tidak mau pemimpin Kabupaten Bogor itu hasil praktik-praktik di luar aturan yang mencederai demokrasi. Sehingga kami ingatkan seluruh pasangan calon dan pendukung untuk berkampanye sesuai aturan," jelas Burhan.

Baca juga: KPU Bogor tetapkan pasangan Rudy-Ade nomor urut 1 Bayu-Musa nomor urut 2

Beberapa aturan yang dimaksud adalah melakukan kampanye hitam, politik uang dan lain sebagainya.

Sementara, pasangan calon nomor urut satu, Rudy Susmanto dan Ade Ruhandi atau Jaro Ade berkomitmen untuk menjaga kesatuan dan persatuan pada Pilkada Kabupaten Bogor. Karena itu merupakan kunci untuk membuat daerah menjadi maju.

"Prinsip kami satu, benteng kita adalah persatuan. Musuh kita perpecahan," tegas Rudy Susmanto.

Baca juga: KPU tetapkan DPT Kabupaten Bogor sebanyak 3,9 juta pemilih di Pilkada 2024

Senada dengan itu, pasangan nomor urut dua, Bayu Syahjohan dan Musyafaur Rahman menegaskan bahwa Pilkada Kabupaten Bogor merupakan sebuah perjalanan demokrasi yang sakral.

Sehingga, menjaga kondusivitas pada pilkada adalah keharusan yang harus tetap dijaga, baik oleh peserta pilkada maupun masyarakat pendukung.

"Yang kami lakukan maupun yang dilakukan pasangan nomor satu (Rudy-Jaro), semata-mata untuk Kabupaten Bogor. Kita adu gagasan, adu program tapi demokrasi harus terus berjalan dengan baik," tegas Musyafaur Rahman.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024