Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi memiliki aplikasi layanan silent center yang merupakan program unggulan untuk mempermudah pencari kerja mendapatkan pekerjaan dan mengurus persyaratan lainnya

"Aplikasi layanan tersebut berisikan tentang informasi lowongan pekerjaan serta terdapat sejumlah layanan lainnya seperti pembuatan kartu pencari kerja (kartu kuning) secara mandiri," kaya Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Sukabumi Suhendar di Sukabumi, Rabu.

Menurut Suhendar, para pencari kerja tentunya harus mengakses layanan berbasis daring ini untuk menemukan lowongan pekerjaan sesuai dengan persyaratan dan keahlian. 

Layanan tersebut bisa di akses melalui link https://siapkerja.kemnaker.go.id/app/home. Dalam situs web itu, terdapat ratusan lowongan pekerjaan baik untuk penugasan di dalam maupun luar Sukabumi dan ada pula yang penempatannya di luar negeri.

Selain itu, juga terdapat informasi lowongan pekerjaan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), perusahaan swasta nasional hingga internasional. 

Tidak hanya itu, di situs web itu juga terdapat menu pendaftaran pelatihan berbasis kompetensi untuk masyarakat melalui balai latihan kerja. Maka dari itu dengan adanya aplikasi ini, pencari kerja tidak perlu datang jauh-jauh ke berbagai perusahaan untuk melamar kerja dan tentunya bisa menghemat biaya dan energi.

"Semua layanan sudah berbasis daring. Inovasi ini bertujuan selain untuk mempermudah pencari kerja mendapatkan pekerjaan juga bisa mengurangi angka pengangguran terbuka di Kabupaten Sukabumi," tambahnya.

Di sisi lain, Suhendar mengatakan untuk membantu warga mendapatkan pekerjaan pihaknya juga telah memberikan imbauan kepada seluruh perusahaan untuk memprioritaskan warga Kabupaten Sukabumi saat merekrut tenaga kerja baru.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024