Bogor, 13/10 (ANTARA) - Sebanyak 17 siswa SMP Negeri 1 Kota Bogor berkesempatan untuk melakukan kunjungan belajar ke Amerika Serikat dalam rangka Study Trip di Saint Louis.

"Mereka akan berada di Amerika Serikat selama dua minggu lebih. Selama di sana mereka akan mengikuti berbagai kegiatan antara lain school visit, dialog lintas kultur dan agama," kata Kepala SMPN 1 Kota Bogor, Arni Suhaerani, dalam acara pelepasan keberangkatan siswa SMPN 1 Kota Bogor, Sabtu.

Arni mengatakan, para siswa dan siswi SMPN 1 Kota Bogor ini akan berangkat pada tanggal 21 Oktober dan akan berada di Amerika Serikat hingga 7 November mendatang.

Selain ke Amerika Serikat, 17 siswa-siswi SMPN 1 Kota Bogor juga akan melakukan kunjungan ke Seoul Korea Selatan untuk mengikuti lomba karya tulis sedunia yang berlangsung pada 26 hingga 29 Oktober mendatang.

Lebih lanjut, Arni mengatakan, keberangkatan para siswanya ke negeri Paman Sam dan Korea Selatan akan didampingi tiga guru dan satu orang dari Komite Sekolah.  
"Selama dua minggu tersebut, siswa kami akan mengikuti berbagai kegiatan di Amerika dan Korea," katanya.

Selama berada di Sait Louis, siswa SMPN 1 Kota Bogor akan memperkenalkan budaya Indonesia melalui presentasi dan penampilan budaya yang merupakan salah satu misi dari kegiatan Study Trip.

Pengiriman siswa SMPN 1 Kota Bogor ke Amerika Serikat merupakan realisasi kerjasama kedua kota melalui program Sister City antara Kota Bogor dan Kota Saint Louis Missiori.

"Salah satu poin kerjasama sister city ini adalah bidang sosial budaya yang melibatkan bidang pendidikan," kata Arni.

Untuk kegiatan di Korea Selatan, pihaknya mengirim dua orang siswanya untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Sedunia dalam ajang Kompetisi "Word Creativity".

"Ada dua siswi kami yang akan bertolak ke Seoul Korea Selatan yakni Hanun Nabilah dan Astrid. Di sana mereka akan didampingi seorang guru pembimbing sekolah," kata Arni.

Kunjungan ke negeri Paman Sam dan Gingseng Korea disambut antusias para siswa. Salah satunya Gema Firdaus Aviantara yang akan bertolak ke Saint Louis.

Gema mengaku bangga karena telah terpilih oleh Sekolah untuk mengikuti kegiatan Study Trip ke Saint Louis.

"Saya sangat senang bisa ikut dalam kelompok belajar ke Amerika Serikat. Bisa mendapatkan pengalaman lebih yang nantinya bisa bermanfaat untuk sekolah," katanya.

Gema mengatakan, sebelumnya dia juga pernah ke Singapura dan Malaysia untuk mengikuti Jambore Pramuka Internasional dan program pertukaran pelajar.

Berdasarkan jadwal kegiatan yang diterimanya, kata Gema, selama berada di AS ia bersama rekan-rekannya akan diajak berkunjung ke sekolah-sekolah dan dua universitas ternama di Saint Louis.

"Pengalaman selama berada di Amerika Serikat nanti akan saya tulis dalam catatan khusus yang akan saya bagikan kepada teman-teman di Bogor," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bogor Aim Halim Hermana mengapresiasi prestasi yang diraih oleh SMPN 1 Bogor.

"Tidak semua siswa mendapat kesempatan bisa mengikuti program ini, karena ini merupakan siswa-siswi terpilih. Makanya, saya berpesan kepada anak-anak didik untuk menjaga nama baik Kota Bogor Jawa Barat khususnya, dan Indonesia pada umumnya," kata Aim kepada para siswa saat melepas keberangkatan.

 

Laily R
 

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012