Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan perguruan tinggi negeri yang diperhitungkan di Indonesia karena mampu mencetak pemimpin-pemimpin unggul. IPB banyak diminati oleh calon mahasiswa, salah satunya karena banyak beasiswa studi yang bisa diakses di kampus ini. 

Beasiswa ini berasal pemerintah pusat, dan dari hasil kerjasama IPB dengan pemerintah daerah, instansi, lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan yang menjadi donatur tetap beasiswa.

Direktur Kemahasiswaan IPB. Dr. Ir. Sugeng Santoso mengatakan, dari sekitar 29 ribu mahasiswa IPB yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, 40 persen diantaranya kurang mampu dan membutuhkan bantuan ekonomi. 

Sebanyak 8.709 mahasiswa S1 dan S0 IPB mendapatkan beasiswa, baik dari pemerintah pusat, pemerindah daerah, BUMN, perusahaan swasta, hingga alumni IPB.

Pada tahun lalu misalnya, IPB mampu mengumpulkan total dana beasiswa sebesar total 87,1 miliar rupiah. Bantuan tersebut datang dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, perusahaan swasta, dan alumni IPB.

Menurut Dr Sugeng, bantuan beasiswa ini terbagi dua, Pertama, beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi dan yang kedua beasiswa untuk mahasiswa berprestasi.

"Beasiswa ekonomi dasar utama penetapannya adalah kondisi ekonomi mahasiswa. Sedangkan beasiswa prestasi dasar penetapannya adalah prestasi akademik dan non-akademik, " jelas Dr. Sugeng.

"IPB sangat mengapresiasi dan bersyukur puluhan ribu mahasiswanya mendapatkan beasiswa,” tambah Dr. Sugeng.
 
Adapun jenis beasiswa yang diberikan mahasiswa berupa beasiswa penuh dan beasiswa sebagian. Beasiswa penuh (fully-funded scholarship) yaitu dana bantuan untuk membiayai kebutuhan akademik secara keseluruhan. 

Beasiswa ini berupa pembiayaan kuliah beserta kebutuhan hidup mahasiswa selama berkuliah antara lain: akomodasi, biaya hidup, asuransi, buku pelajaran, biaya penelitian dan tiket perjalanan. 

Selanjutnya beasiswa sebagian (partial scholarship) yaitu pemberian dana diberikan untuk menutupi sebagian kebutuhan selama menjalani perkuliahan. Misalnya, penyedia program menanggung biaya perkuliahan, akomodasi, dan perjalanan. Sementara biaya hidup menjadi tanggungan penerima beasiswa.
 
IPB senantiasa memfasilitasi dan mempermudah para mahasiswanya untuk mendapatkan informasi beasiswa. Informasi beasiswa ini tersaji lengkap dalam website http://kemahasiswaan.ipb.ac.id /?cat=4.(SNY/ris)

Pewarta: Humas IPB

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017