Ketua Sementara DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto ingin menyempurnakan program bantuan keuangan infrastruktur desa atau yang dikenal Satu Miliar Satu Desa (Samisade) untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Rudy di Bojonggede, Kamis, mengungkapkan dia sedang mengajukan perubahan nomenklatur program tersebut, agar kegiatan-kegiatan mengenai pendidikan dapat dilaksanakan melalui Program Samisade.

"Jadi kami sedang membuat sebuah kajian terkait bantuan keuangan infrastruktur desa untuk kita hapus, menjadi bantuan keuangan desa jadi kita hapus infrastrukturnya," kata Rudy.

Ia menjelaskan, nantinya Program Samisade bisa digunakan oleh pemerintah desa untuk memberikan beasiswa pendidikan kepada warganya hingga menyandang gelar sarjana.

"Sehingga bantuan keuangan desa itu untuk beasiswa satu sarjana satu desa, yang keduanya dapat digunakan kegiatan jasa keekonomian kemasyarakatan di tingkat desa dan tentunya kajian-kajian tersebut sedang berjalan," ujarnya.

Rudy mengaku optimistis untuk memfokuskan pembangunan pada periode 2025-2030 tidak hanya terfokus kepada infrastruktur, melainkan juga pembangunan sumber daya manusia.

"Karena investasi terbaik hari ini bukan kita punya tanah ataupun apartemen, tapi investasi terbaik hari ini adalah investasi sumber daya manusia," kata Rudy.

 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024