Pemerintah Kabupaten Bekasi melepas keberangkatan 22 atlet pelajar untuk berlaga di ajang olahraga tradisional tingkat sekolah dasar se-Provinsi Jawa Barat 2024.
 
"Total ada 22 atlet tingkat sekolah dasar serta 10 pelatih yang dilepas ke ajang Ortrad (Olahraga Tradisional) tingkat provinsi tahun ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bekasi Iman Nugraha di Cikarang, Selasa.
 
Ia mengatakan puluhan atlet yang diberangkatkan tersebut adalah pelajar yang dinyatakan lolos pada seleksi ajang tingkat Kabupaten Bekasi sedangkan para pelatih merupakan guru olahraga sekolah dasar yang membidangi seni olahraga tradisional.
 
"Invitasi olahraga tradisional tingkat SD Provinsi Jawa Barat 2024 dilaksanakan mulai hari ini hingga 5 September 2024 di Kabupaten Purwakarta," katanya.
 
Menurut dia keikutsertaan Kabupaten Bekasi dalam ajang ini sekaligus untuk menjaga serta melestarikan warisan budaya peninggalan nenek moyang khususnya olahraga tradisional.
 
"Kegiatan ini merupakan lomba tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat. Mereka merupakan para atlet terpilih dari Kabupaten Bekasi yang siap untuk bersaing mengharumkan nama Kabupaten Bekasi di tingkat provinsi," katanya.
 
Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga pada Disbudpora Kabupaten Bekasi Yudi Candra Permana mengatakan kontingen Kabupaten Bekasi akan mengikuti sejumlah nomor pertandingan di antaranya egrang, tarumpah panjang, sumpitan, hadang, dan dagongan.
 
"Tidak banyak nomor yang dipertandingkan dan kami mengikuti semua nomor. Berharap bisa memberikan hasil yang terbaik," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024