Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, melakukan perbaikan Jalan Pasirdatar yang menghubungkan Kecamatan Darangdan dan Bojong menyusul adanya protes warga setempat mengenai kerusakan jalan tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Purwakarta Ryan Oktavia, di Purwakarta, Rabu, menyampaikan bahwa pihaknya langsung bergerak cepat melakukan perbaikan sementara jalan di desa tersebut setelah adanya aksi protes warga.

"Kurang dari 24 jam, kami langsung berupaya melakukan perbaikan jalan, yakni dengan menutup lubang-lubang dan melakukan pengerasan jalan yang rusak," katanya.

Baca juga: Pemkab Purwakarta sebut sebagian besar jalur mudik dalam kondisi baik dan siap dilintasi
Baca juga: Pemkab Purwakarta tuntaskan 45 titik pembangunan jalan lingkungan

Menurut dia, sepanjang sekitar 300 meter jalan yang diperbaiki di desa tersebut.

"Untuk kerusakan jalan itu ada 3 kilometer. Namun, yang mengalami kerusakan parah, jalannya sepanjang sekitar 300 meter, dan itu yang saat ini kami perbaiki," katanya.

Ia menyampaikan bahwa perbaikan jalan yang rusak itu dilakukan dengan menggunakan anggaran cadangan.

"Jadi, perbaikan jalan itu menggunakan dana cadangan. Untuk ke depan, akan kami lanjutkan perbaikan dengan hotmix dan sejumlah titik-titik kerusakan lainnya juga akan diperbaiki dengan rencana yang kami anggarkan pada APBD Perubahan," kata Ryan.

Baca juga: Kerusakan jalan di Desa Cinangka Purwakarta ditangani bertahap

Sebelumnya puluhan warga yang tinggal di Kampung Pasirdatar, Desa Pasirangin, Kecamatan Darangdan, Purwakarta menggelar aksi memasang tanaman di jalan desa pada Minggu (25/8).

Aksi itu dilakukan sebagai bentuk protes terhadap pemerintah atas kondisi jalan di daerah mereka yang sudah lama rusak dan tak kunjung diperbaiki.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024