Pemerintah Desa Jayanti menyalurkan bantuan darurat berupa kebutuhan pokok rumah tangga, perlengkapan mandi, cuci dan kakus (MCK) serta pakaian kepada tiga kepala keluarga yang menjadi penyintas kebakaran di Kampung Jayanti, Kabupaten Sukabumi, Jabar.

"Kebakaran yang menghanguskan tiga bangunan terjadi di Kampung Jayanti, RT 01/04, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Ahad (25/8/) sekitar pukul 04.10 dini hari. Penyaluran bantuan ini untuk meringankan warga yang terdampak kebakaran," kata Kepala Desa Jayanti Nandang di Sukabumi, Senin.

Menurut Nandang, setelah musibah tersebut Pemdes Jayanti langsung melalukan rapat internal untuk membahas upaya penanganan agar bantuan yang diberikan kepada penyintas benar-benar tepat atau sesuai kebutuhan.

Baca juga: Kerugian kebakaran kios kayu dan rumah di Palabuhanratu capai Rp500 juta
Baca juga: Sejumlah kios hangus terbakar di kawasan objek wisata laut selatan Sukabumi

Kemudian pada rapat koordinasi pihaknya mengundang Ketua RT 01 dan Ketua RW 04, kepala dusun, staf desa, karang taruna, badan usaha milik desa (Bumdes) dan lembaga terkait lainnya termasuk petugas babinsa dan bhabinkamtibmas.

Hasil musyawarah tersebut disepakati bahwa bantuan awal untuk diberikan kepada penyintas kebakaran adalah menyalurkan sembako, perlengkapan MCK, pakaian dan uang tunai. Bantuan tersebut juga dibuatkan berita acara yang disampaikan kepada instansi terkait untuk penanganan lebih lanjut.

"Bantuan yang diserahkan kepada korban kebakaran berasal dari zakat, sumbangan dan sedekah staf desa. Pemdes Jayanti pun menggalang donasi baik berupa pakaian layak pakai, sembako maupun uang tunai, seluruh bantuan itu diserahkan kepada korban," ucapnya.

Baca juga: BPBD Kabupaten Sukabumi ungsikan satu keluarga korban kebakaran di Palabuhanratu

Sebelumnya, tiga bangunan berupa kios penjualan kayu, rumah yang dihuni tiga kepala keluarga dan peternakan ayam di Kampung/Desa Jayanti mengalami kebakaran pada Ahad sekitar pukul 04.10 WIB dan api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 08.30 WIB.*

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024