Depok, 9/10 (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) mendominasi perolehan kemenangan Kompetisi Olimpiade Sains Pertamina Nasional (OSN) Pertamina 2012 kategori teori untuk tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama Industri UI, Sunardji di Depok, Selasa, mengatakan UI akan terus mendorong mahasiswanya untuk berprestasi dan diharapkan nantinya bis berguna bagi bangsa dan negara.

Untuk juara pertama Matematika diraih oleh Aileen Jessica N (UI), kedua Arman Haqqi A (UI), dan ketiga Yoshua Yonathan (UI). Untuk fisika juara pertama Davit Sipayung (UI), kedua Husen Ari Wibowo

(Univ. Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka), ketiga Hendrik Ongki Suwito (UNJ).

Selanjutnya untuk kategori jura pertama diraih oleh Bayu Ardiansah (UI), kedua Aldhi Kristianto (UI), dan ketiga Fitriyanti Nuur Khasanah (UI), Untuk Ketegori Biologi jura pertama diraih oleh Abinubli T.M (UI), kedua Eny Mahfudhoh (UI), dan ketiga Erlin Febrianti (UI).

Sedangkan pemenang Science Project Regional III (DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten) adalah Grandprix Thomryes Marth Kadja dari UI dengan judul project ?Aplikasi Zeolit Alam Indonesia dan Na.Zeolit Alam Indonesia sebagai Katalis Rengkah Polietilena Menjadi Fraksi Minyak Bumi.

Para pemenang Seleksi Final Tingkat Provinsi memperoleh beasiswa sebesar Rp 6,5 juta (Juara 1), Rp 4,5 juta (Juara 2), dan Rp 2,5 juta (juara 3). Sedangkan pemenang kategori science project memperoleh bantuan dana pengembangan project sebesar Rp 5 juta.

Para pemenang Seleksi propinsi DKI Jakarta dan Regional 3 akan berkompetisi bersama 140 peserta lainnya yang berhasil lolos Seleksi di 33 Provinsi lainnya setelah menyisihkan lebih dari 19.238 peserta se Indonesia dan memperebutkan beasiswa yang totalnya mencapai Rp 2,8 miliar dalam seleksi final tingkat Nasional pada 26-30 November 2012.

Sementara itu Abinubli T.M, juara pertama bidang Biologi mengatakan dirinya telah mengikuti kompetisi OSN Pertamina sebanyak dua kali, dan hanya sampai tujuh besar propinsi. Namun kali ini, ia berhasil meraih juara satu.

Ia berharap kemenangannya ini dapat mengantarkan dirinya menjadi scientist serta pengusaha.

OSN Pertamina 2012 ?Mencetak Generasi Sobat Bumi Berprestasi? diharapkan dapat dapat menjadi tolok ukur dan sarana pengembangan kualitas kemampuan akademik anak bangsa di bidang sains, serta mendorong ketertarikan generasi muda terhadap pengembangan ilmu sains di Indonesia.


Feru L

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012