Rektor Universitas Indonesia Prof. Ari Kuncoro memaparkan pencapaian keberhasilan selama memimpin kampus baik di level nasional maupun global.

“Tahun ini, banyak pencapaian yang berhasil diraih sivitas akademika Universitas Indonesia, di level nasional maupun global," kata Prof. Ari Kuncoro dalam pidatonya saat upacara wisuda UI di Balairung, Sabtu.

Rektor mengatakan Universitas Indonesia terus berkomitmen menjadi institusi pendidikan tinggi yang inovatif, mandiri, inklusif, bermartabat, serta unggul di level Asia Tenggara dan terpandang di dunia.

Hasil kerja keras itu dibuktikan lewat apresiasi dari QS World University Ranking. Tahun ini, UI menempati peringkat 206 di dunia, meningkat pesat dari tahun lalu yang berada di peringkat 237.

"UI juga mampu bertahan di posisi 1 di Indonesia versi The Asia University Rankings 2024," ujarnya.

Selain itu, UI mendapat penghargaan Top Government Public Relations (GPR) Award 2024 untuk kategori Perguruan Tinggi Negeri Terbaik dalam hal Pengelolaan Digital Komunikasi Publik.

Prestasi lain yang dicapai adalah dua penghargaan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, yakni Terbaik 2 dalam Nilai Kinerja Anggaran (NKA) dan Terbaik 3 dalam Penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2023 untuk Kategori Perguruan Tinggi Negeri sebagai Badan Hukum (PTN-BH).

Ari Kuncoro mengatakan UI memiliki sumber daya manusia yang mendedikasikan karya dan kompetensinya untuk bangsa dan negara.

Sebagian di antara mereka menjadi wisudawan terbaik dari jenjang sarjana hingga doktor yang diwisuda hari ini. Mereka yang berasal dari rumpun sains dan teknologi (saintek), di antaranya Denny Setiawan, Gusaimas Matahachiro Hanggoro Himawan Akbar, Tubagus Naufal Dzaki, Agastya Nugraha Putra, Edy Wijanarko, Daffa Dewa Saputra, Eileen Onggaria.

Selanjutnya Firman Santya Budi, Hairiza, Karla Karmala, Al Ansori, Daniel Sanjaya Sombe, Himawan Kunto Dewoto Aji, Nita Anggreani, Marlita Elisa, Armelia Ramandha, Jeremy Filbert Baskoro, Bramasta Putra Redyantanu, Taufik Aditiyawarman, dan Achmad Nandang Roziafanto dari Fakultas Teknik (FT).

9.074 wisudawan

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro menyampaikan, total lulusan dari jenjang program pendidikan Vokasi hingga Doktor berjumlah 9.074 orang wisudawan.

Mereka terdiri atas 619 lulusan program diploma, 4.730 lulusan program sarjana, 511 lulusan profesi, 385 lulusan spesialis 1, 2.532 lulusan magister, 86 lulusan spesialis 2, dan 211 lulusan doktor.

Universitas Indonesia menyelenggarakan Upacara Wisuda Tahun Akademik Semester Genap 2023/2024 pada Sabtu dan Minggu, 24 dan 25 Agustus 2024, di Balairung, Kampus UI Depok.

Berbeda dari tahun sebelumnya, wisuda kali ini terbagi menjadi empat sesi, yaitu Sabtu pagi (09.00 - 11.00 WIB); Sabtu siang (14.30 - 15.30WIB); Minggu pagi (09.00 - 11.00 WIB); dan Minggu siang (14.30 - 15.30WIB).

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024