Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat memusatkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-46 tingkat kabupaten yang berlangsung pada 19-22 Agustus 2024 di Rest Area Gunung Mas, Puncak, Cisarua.

Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor Pedri Hariyanto di Cibinong, Selasa, mengungkapkan penetapan Cisarua sebagai tuan rumah MTQ merupakan sejarah baru bagi Kabupaten Bogor.

Penunjukan Kecamatan Cisarua sebagai tuan rumah juga tak lain karena di wilayah tersebut kini tersedia Rest Area Gunung Mas yang pemanfaatannya sedang gencar disosialisasikan Pemkab Bogor.

Baca juga: Plt Bupati apresiasi kafilah Bogor borong 14 penghargaan di MTQ Jabar 2022
Baca juga: Pemkab Bogor lakukan pembinaan kafilah MTQ untuk capai juara

“Alhamdulillah kini kita memiliki Rest Area Gunung Mas Puncak yang menjadi pusat kegiatan pemerintahan dan kegiatan masyarakat, ini merupakan sejarah baru kita bisa melaksanakannya di kawasan Puncak Cisarua," ungkap Pedri.

Menurut dia, penyelenggaraan MTQ di kawasan wisata Puncak juga bakal diramaikan produk UMKM asli Kabupaten Bogor.

"Ini juga sebagai upaya untuk mempromosikan rest area kepada daerah lain, terlebih dengan adanya kegiatan berupa syiar Islam yang akan diadakan,” ujarnya.

Sementara Camat Cisarua Heri Risnandar menyebutkan MTQ ke-46 ini akan dipusatkan di Rest Area Gunung Mas, tepatnya di halaman masjid.

Baca juga: Bocah asal Kabupaten Bogor juara pertama MTQ Internasional di Qatar

Kemudian untuk pawai taaruf akan dilaksanakan mulai dari pintu masuk Gunung Mas dan finis di mimbar utama MTQ dengan rute sepanjang 1,539 kilometer atau dengan jarak tempuh sekitar 25 menit.

Nantinya ada 11 mimbar kegiatan MTQ ke-46 yakni di area landing paralayang, aula kantor Desa Tugu Selatan, Wisma Graha Transportasi Dephub, aula kantor Desa Tugu Utara, aula Wisma Arga Mulya, hingga Agrowisata Gunung Mas.

“Berbagai persiapan dengan seluruh stakeholder Kecamatan Cisarua mudah-mudahan kita bisa memberikan yang terbaik dan kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan,” kata Heri.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024