Sebanyak 21 tim dari 23 kecamatan mengikuti Festival Seni Qasidah Rebana se-Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang digelar Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) di Kecamatan Tambun Selatan.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan ajang Festival Seni Qasidah Rebana bertujuan untuk melestarikan budaya khususnya Islam dan meningkatkan tali persaudaraan sekaligus memeriahkan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bekasi pada 15 Agustus 2024 dan HUT ke-79 Proklamasi Kemerdekaan RI.

"Saya apresiasi kepada segenap panitia penyelenggara kegiatan ini. Semoga para peserta lomba dapat menjadikan kesenian ini sebagai media dakwah dalam mensyiarkan agama Islam," katanya di Cikarang, Minggu.

Baca juga: Ratusan pesepeda meriahkan maraton lintas alam bertajuk 'XCM Bekasi Cup'

Ia menyatakan seni qasidah identik dengan nilai-nilai keislaman karena suara musik qasidah tersebut kerap dibunyikan beriringan dengan lantunan pengajian.

"Contohnya sama seperti hadroh dan marawis, syairnya juga terpilih tidak sembarang seperti menyanjung Rasul serta lafadz Allah," katanya.
 
Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan berfoto bersama dalah satu peserta lomba usai membuka Festival Seni Qasidah Rebana tingkat Kabupaten Bekasi di Taman Desa Tambun, Kecamatan Tambun Selatan, Minggu. ANTARA/Pradita Kurniawan Syah


Menurut dia seni qasidah ini perlu untuk terus dilestarikan agar tidak dilupakan serta tidak tergerus oleh perkembangan zaman. Pemerintah daerah berkomitmen mendukung penuh upaya pelestarian seni budaya ini supaya tetap eksis.

"Seni qasidah ini juga dapat menjadi media dakwah yang diharapkan memiliki dampak luas untuk terus menyiarkan nilai-nilai agama Islam," katanya.

Baca juga: Ribuan warga meriahkan lomba maraton 'Bekasi Sunset Run' HUT RI dan Bekasi

Dia mengucapkan banyak terima kasih kepada Lembaga Seni Qasidah Indonesia yang sudah berdedikasi menjaga keberlangsungan warisan budaya seni qasidah bagi generasi penerus.

"Pemkab Bekasi sangat mendukung kegiatan positif seperti ini dengan harapan ke depan akan lebih banyak lagi kegiatan positif seperti Festival Seni Budaya Islam ini," ucapnya.

Ketua DPK Lembaga Seni Qasidah Indonesia Kecamatan Tambun Selatan Suryadi mengatakan kegiatan ini sudah dipersiapkan dari beberapa bulan yang lalu untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Bekasi serta HUT RI.

"Alhamdulillah semua peserta sangat antusias, kurang lebih yang mendaftar sebanyak 21 tim dari 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi gelar gebyar pariwisata dan ekonomi kreatif 2024

Dia berharap seni qasidah rebana ini senantiasa eksis serta terus berguna bagi kebutuhan syiar agama Islam di tengah masyarakat.

"Kegiatan perlombaan ini juga bisa menjadikan ajang silaturahmi antara tim qasidah sekaligus mensyiarkan Islam dalam balutan seni qasidah rebana," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024