Badan Usaha milik Daerah (BUMD) Perumda Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi sukses mengawal kontingen Jawa Barat meraih juara tiga kali berturut-turut atau hattrick pada ajang pekan olahraga antarperusahaan air minum nasional atau Porpamnas.

Hasil impresif tersebut berkat dominasi kontingen perhimpunan perusahaan air minum seluruh Indonesia (Perpamsi) Jawa Barat pada ajang Porpamnas VIII 2024 yang digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kita sukses menyumbang tujuh emas dari total 14 medali emas yang diraih kontingen Perpamsi Jawa Barat sekaligus mengokohkan perolehan medali hingga akhir klasemen, terpaut jauh dari peringkat kedua," kata Ketua Badan Pembina Olahraga Perumda Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi Ganjar Munandar di Cikarang, Minggu.

Dia mengatakan prestasi di ajang Porpamnas VIII 2024 sekaligus mengantarkan Perpamsi Jawa Barat mencatatkan rekor tiga kali juara umum berturut-turut setelah menorehkan hasil yang sama pada ajang serupa yakni Porpamnas VI/2019 dan Porpamnas VII/2022.
Perpamsi Jawa Barat menerima tropi juara umum dari penyelenggara ajang Porpamnas VIII/2024 Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).


Catatan rekor ini juga menjadi sejarah bagi kontingen Perpamsi Jawa Barat mengingat dari total delapan kali penyelenggaraan ajang tersebut, lima gelar juara umum di antaranya berhasil dimenangkan Jawa Barat.

Ganjar mengaku kesuksesan kontingen Perpamsi Jawa Barat pada kejuaraan Porpamnas dari masa ke masa tidak terlepas dari kontribusi optimal para atlet Perumda Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi sebagai delegasi utama 'Bumi Pasundan'.

Pada Porpamnas VIII/2024, atlet Perumda Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi mewakili kontingen Perpamsi Jawa Barat tampil di tiga cabang olahraga dari total tujuh cabang yang dipertandingkan yakni tenis meja, badminton, dan bola voli.

Ketiga cabang olahraga yang diikuti tersebut sukses menyabet tujuh medali emas untuk membawa kontingen Jawa Barat kokok di puncak klasemen akhir sehingga meraih gelar juara umum.

"Penyumbang emas terbanyak untuk kontingen Jawa Barat berasal dari atlet Perumda Tirta Bhagasasi Bekasi. Hasil ini sudah melebihi ekspektasi dari target awal kami sebagai juara umum," katanya.

Ajang Porpamnas VIII Makassar 2024 diikuti oleh 1.111 peserta, 250 direksi perusahaan air minum, sembilan kuasa pemilik modal, serta para dewan pengawas perusahaan air minum dari total 27 provinsi se-Indonesia.

Kontingen Perpamsi Jawa Barat selaku juara umum sukses meraih 14 medali emas, tiga perak, dan tiga perunggu, disusul Jawa Timur dengan empat emas dan tiga perunggu dan Jakarta di urutan ketiga dengan dua emas dan satu perak.

Posisi keempat diraih Nusa Tenggara Barat lewat koleksi satu emas, lima perak, dan tiga perunggu sedangkan Kalimantan Selatan harus puas menempati peringkat kelima dengan satu emas, dua perak, dan satu perunggu. Porpamnas IX direncanakan digelar di Ibu Kota Negara, Kalimantan Timur dua tahun mendatang.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024