Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggelar kegiatan Gebyar Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Gebrak 2024 sebagai bagian dari rangkaian menyemarakkan HUT ke-79 RI dan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bekasi 15 Agustus 2024.

"Gebrak 2024 ini berlangsung selama tiga hari dengan tujuan mendorong pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk dapat terus maju di Kabupaten Bekasi," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Jabar, Sabtu.

Ia mengatakan dari sektor kepariwisataan khususnya destinasi alam, Kabupaten Bekasi bukan merupakan wilayah destinasi unggulan di Jawa Barat, namun keberadaan kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara menjadi potensi unik yang patut dikembangkan.

Baca juga: Desa Wisata Sukamurni raih juara Lomba Gebyar Pokdarwis Kabupaten Bekasi

Program wisata industri yang telah berjalan patut mendapatkan atensi khusus agar terus berkembang. Saat ini sudah ada 25 perusahaan yang menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah sebagai destinasi kunjungan wisatawan.

"Sudah ada 25 pabrik yang mau menjadi tujuan trip wisata industri dengan total hampir 40.000 wisatawan dalam setahun. Memang sebagian besar masih di segmen pelajar dan mahasiswa. Bahkan sekarang kami sedang menerima kedatangan pengunjung dari Yogyakarta dan Lampung," katanya.

Kemudian, sektor ekonomi kreatif, pemerintah daerah setempat juga terus mendorong agar produk-produk kerajinan lokal semakin dikenal hingga mampu menembus pasar nasional hingga internasional.

"Kalau kita gali di setiap event yang kita selenggarakan, ternyata di sini ada batik khas Bekasi dengan berbagai keunikan corak, juga terdapat ecoprint dalam bentuk tas dan aksesoris yang sangat menarik," katanya.

Baca juga: Bekasi promosikan wisata industri di Gebyar Wisata Nusantara Expo ke-20

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna mengatakan Gebrak 2024 menampilkan 160 gerai pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di area panggung utama.

"Dan konsep event ini memang dikemas semenarik mungkin untuk menghibur masyarakat Kabupaten Bekasi dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bekasi serta HUT ke-79 RI," katanya.

Menurut dia, tujuan utama ajang ini adalah meningkatkan perputaran ekonomi khususnya bagi seluruh pelaku UMKM yang membuka gerai terlebih lokasi penyelenggaraan selalu ramai dikunjungi masyarakat.

"Yang utama bagi kami adalah bagaimana perputaran ekonomi dalam kegiatan ini yang begitu luar biasa, stan-stan mulai banyak yang berjualan tentu dapat membantu meningkatkan geliat perekonomian pelaku UMKM dan masyarakat sekitar," katanya.

Dirinya juga mengapresiasi Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat atas bantuan anggaran yang diberikan untuk menggali potensi wisata yang memang belum mampu dioptimalkan dengan baik sehingga sektor ekonomi kreatif dapat turut tersentuh melalui kegiatan ini.

"Karena memang kita juga belum punya gedung creative hub jadi sambil gedung dibangun, kita adakan kegiatan ini. Jadi sangat terbantu sekali dengan bantuan dari provinsi tersebut," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024