Ketua umum Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Indonesia Dr. dr. Cashtry Meher., MKes., MKed(KK), menyatakan telah menyelenggarakan roadshow Pendidikan Karakter dalam Toilet Bersih.

“Penting mengintegrasikan pendidikan karakter yang kuat dan berkomitmen terhadap kebersihan lingkungan, termasuk toilet sekolah. Dengan demikian, kita dapat menciptakan generasi yang lebih sehat, bertanggung jawab, dan peduli terhadap lingkungan," kata Dr.dr. Cashtry dalam pembukaan roadshow Pendidikan Karakter dalam Toilet Bersih di halaman sekolah SDN 10 Pondok Pinang, Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan kebersihan toilet sekolah bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan, tetapi merupakan tanggung jawab bersama yang mencerminkan kualitas karakter dan kesehatan seluruh komunitas sekolah.

Kickoff  penyelenggaraan Pendidikan Karakter dalamToilet Bersih berlokasi di SDN 10 dan SDN 05 Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

“Senyum Sehat Senyum Pintar” adalah tagline pada program ini. Gerakan toilet bersih ini merupakan salah satu program dari Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Indonesia. Untuk pelaksanaan program ini, Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Indonesia menggandeng beberapa pihak untuk terlibat.

Diantaranya Yayasan Cahaya Peduli Semesta, Yayasan Bentang Merah Putih, dan PT. Surya Pertiwi yang memproduksi Toto. Pada kesempatan ini PT Surya Pertiwi menyerahkan seperangkat perlengakapan toilet Toto untuk SDN 05 Pondok Pinang Jakarta Selatan.

Dalam kegiatan roadshow “Senyum Sehat Senyum Pintar”, anak-anak Sekolah Dasar Negeri 05 dan 10 Pondok Pinang, khususnya kelas 4 mendapat pembekalan yang dikemas menarik.

Materi yang disampaikan terbagi menjadi 3 bagian, yaitu pertama
Senyum Sehat disampaikan oleh Dr. dr. Cashtry Meher., MKes., MKed(KK)., MH.Kes., Sp.DVE., FIHFAA.,FISqua., yang membahas nilai kebersihan pribadi yang berdampak pada kebersihan umum.

Memiliki tujuan agar siswa paham sekaligus meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya kebersihan toilet, mengajarkan siswa praktik kebersihan yang baik saat menggunakan toilet, mengurangi risiko penyebaran penyakit yang disebabkan oleh kebersihan toilet yang buruk, serta menciptakan lingkungan sekolah yang lebih sehat dan nyaman. 

Pemahaman kesehatan dan kebersihan yang diberikan akan memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kenyamanan lingkungan sekolah.

Kedua Senyum Pintar disampaikan oleh Yohana Elizabeth H. S.Pd. M.Pd., MBA, ketua umum Yayasan Bentang Merah Putih, akan membahas nilai-nilai kepemimpinan dalam berkelompok.

Kepemimpinan adalah kemampuan untuk memimpin diri sendiri dan orang lain dengan cara yang positif dan bertanggung jawab.

Nilai tanggung jawab, percaya diri, pendengar yang baik menghargai keberagaman serta berkerja dalam satu tim adalah bagian dari materi yang disampaikan.

Sehingga, diharapkan para siswa memahami bahwa kepemimpinan tidak hanya tentang menjadi ketua kelas atau memimpin kelompok bermain. Kepemimpinan adalah tentang bagaimana kita berperilaku setiap hari.

Dengan belajar nilai-nilai kepemimpinan ini, kita tidak hanya menjadi anak yang lebih baik, tetapi juga teman yang baik dan siswa yang lebih baik. Nilai-nilai ini membantu kita membentuk karakter yang kuat dan positif.

Ketiga Senyum Sehat Senyum Pintar praktik kerja kelompok yang langsung dilakukan oleh para siswa dalam sebuah permainan saat membersihkan lingkungan sekolah, khususnya toilet sekolah.

Pada kesempatan ini siswa diberikan tantangan untuk melakukan kegiatan  dari materi Senyum Sehat dan Senyum Pintar. Para guru menjadi observer, bagaimana siswa dapat berkomunikasi dan bekerja berkelompok dengan baik.
Siswa diminta memberikan cerita saat praktik ini dilakukan.

Sesi ini ditutup oleh Christian Panggabean dengan memberikan pembekalan dalam seni bicara (public speaking). Bagaimana siswa saat memberikan paparan presentasi dengan tepat, persuasif dan menyenangkan.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024