Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyatakan telah melatih ratusan orang untuk meningkatkan kompetensi atau keahlian keterampilan mereka agar mampu menghadapi persaingan kerja.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Purwakarta Didi Garnadi, di Purwakarta, Kamis, mengatakan bahwa kegiatan pelatihan untuk para pencari kerja itu merupakan bagian dari langkah pemerintah daerah untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berdaya saing.

Ia mengatakan ratusan tenaga kerja dilatih sehingga memiliki kompetensi tinggi sesuai dengan yang dibutuhkan kalangan dunia usaha.

Baca juga: Disnakertrans sebut angka pengangguran di Purwakarta menurun sejak 2020

"Pelatihan intensif berbagai jenis bidang pekerjaan terus kami lakukan. Para tenaga kerja yang dilatih nantinya akan memiliki kualifikasi yang tinggi dan siap menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin ketat dan kompetitif," katanya.

Menurut dia, selama tiga tahun terakhir Disnakertrans Purwakarta telah melatih sedikitnya 944 orang calon pekerja, dengan rincian pada tahun 2022 sebanyak 352 orang, tahun 2023 sebanyak 240 orang dan pada tahun 2024 (Januari-Juni) sebanyak 352 orang.

"Jumlah peserta pelatihan pada tahun ini diperkirakan akan terus bertambah, karena proses pelatihan masih terus akan kami gelar hingga akhir tahun ini," kata Didi.

Baca juga: Disnakertrans Purwakarta "pancing" masyarakat agar mampu berwirausaha

Pelatihan vokasi untuk berbagai jenis pekerjaan itu digelar di sejumlah Balai Latihan Kerja (BLK) milik Disnakertrans Purwakarta.

"Pelatihan juga kami gelar bekerja sama dengan kalangan dunia usaha. Langkah itu ditempuh untuk menyesuaikan jenis pelatihan, sehingga menghasilkan tenaga kerja berketerampilan tinggi sesuai dengan kebutuhan dunia usaha," katanya.

Menurut dia, berbagai jenis pelatihan kejuruan diberikan oleh BLK Purwakarta meliputi berbagai jenis keterampilan kerja seperti menjahit, teknik otomotif, teknik las, kelistrikan, digital marketing, design grafis dan lain sebagainya.

Baca juga: Disnakertrans Purwakarta sebut sebagian besar perusahaan patuh bayar THR

Selain mengasah dan meningkatkan kompetensi keahlian yang sesuai dengan kebutuhan industri, pelatihan BLK juga mengasah attitude (sikap perilaku), public speaking (komunikasi publik), dan lain sebagainya.

Pihaknya kini tengah mengupayakan agar semua lulusan pelatihan BLK bisa tersalurkan dan terserap di berbagai kalangan dunia usaha dan industri.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024