Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI menjadikan Kelompok Tani Dahlia RW 11 Kelurahan Tanjung Priok lokasi utama pengembangan program Replikasi Kalpataru 2023 yang merupakan penghargaan terhadap pihak yang sudah berjasa melestarikan lingkungan di Indonesia.

"Hari ini saya berkumpul dengan warga Jakarta Utara yang mempunyai kepedulian terhadap lingkungan dan melihat wujud kemitraan itu ada di sini begitu kompak masyarakat Jakarta Utara," kata Direktur Kemitraan Lingkungan KLHK RI, Jo Kumala Dewi di Taman Urban Farming Dahlia Tanjung Priok, di Jakarta Selasa .

Dirinya berharap komitmen dan kepedulian ini akan berlanjut dan bisa menular ke wilayah lainnya karena menyelamatkan lingkungan adalah tugas bersama

Kelompok Tani Dahlia terpilih setelah dilakukan penandatanganan prasasti kerja sama yang dilakukan oleh Direktur Kemitraan Lingkungan KLHK RI Jo Kumala Dewi, Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, dan Peraih Kalpataru 2023 Dani Arwanto.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Kota Jakarta Utara Wawan Budi Rohman menyatakan dukungannya atas upaya pengembangan replikasi Kalpataru 2023 di Jakarta Utara.

Menurut dia dengan adanya replikasi ini maka para penerima Kalpataru di Jakarta Utara dapat termotivasi untuk menularkan ilmunya kepada masyarakat.

"Ini tentu sangat penting dalam menumbuhkan rasa cinta kepada lingkungan terutama terhadap generasi muda," kata dia

Ia menyebutkan di Jakarta Utara memiliki tiga pahlawan lingkungan sebagai peraih Kalpataru yaitu Sutarno di tahun 2016, Dani Arwanto tahun 2023, dan Abah Dindin tahun 2024.

"Ini menjadi motivasi bagi kita semua supaya di Jakarta Utara bisa lebih baik lagi. Kita juga berharap pengembangan program replikasi Kalpataru tidak berhenti di Tanjung Priok saja tapi bisa berlanjut di wilayah lainnya," kata dia.

Selain penandatanganan prasasti juga dilaksanakan kegiatan penanaman berbagai jenis anggur dan panen ikan nila.

Pelaksana Kegiatan Replikasi Kalpataru 2023 Dani Arwanto menilai ini merupakan satu langkah awal untuk memulai program replikasi  di Kelompok Tani Dahlia RW 011 Kelurahan Tanjung Priok.

"Semoga apa yang kita lakukan bisa bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan sekitar," harap dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024