Bogor (Antara Megapolitan) - Anak muda masa kini banyak yang mengalami penurunan pigmen rambut, akibat pemakaian minyak rambut sintetis. Pemakaian minyak rambut sintetis ini menjadikan rambut anak muda terlihat tidak 'fresh' dan cenderung terlihat tua (beruban).

Disamping itu, Indonesia sebagai produsen terbesar rumput laut, namun belum banyak pengembangan produknya. Rumput laut memiliki kandungan 'fatty acid' (asam lemak) yang tinggi terutama asam lemak linoleat, EPA, DHA, omega-3 dan omega-6 yang dapat memperkuat rambut.

Rumput laut juga mengandung asam amino yang dapat membantu regenerasi setiap helai rambut dengan cepat sehingga dapat mencegah rambut dari kerontokan.

Komponen dan bioaktif rumput laut juga dapat mengandung antioksidan sehingga dapat melindungi rambut dan menjaga pigmen rambut dengan baik.

Harga rumput laut mentah terbilang murah sekitar Rp 12 ribu per kilogram. Perlu pengolahan rumput aut sebagai  suatu produk dengan nilai jual tinggi.

Melihat potensi rumput laut dan melihat kondisi rambut anak muda masa kini yang kian memprihatinkan, Nila Nurhidayah, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) mencoba untuk membuat Pomade berbahan dasar rumput laut yang diberi nama Poris.

Nila bersama temannya yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini juga menambahkan aroma buah-buahan tropis.

Anggota tim PKM ini antara lain, Muhammad Rizkiawan Pratama, RM Muhammad Nur Fauzan, Panji Saputra dan Fatimatus Zuhro.

Produk ini menawarkan suatu kebaruan karena dibuat dengan bahan-bahan alami 'Tropical Herbs' dan rumput laut yang kaya akan komponen-komponen bioaktif dapat menyehatkan rambut dan tetap 'stylish'.

Produk Poris pomade rumput laut ini dapat menghilangkan ketombe pada rambut. Produksi Poris pomade rumput laut berlokasi di Laboratorium IPB, Dramaga, Bogor. Kemasan produk Poris menggunakan plastic 'bio-degradable ' sebagai kemasan awal dan jenis 'paperbag' daur ulang sebagai kemasan akhir.

Kemasan yang ramah lingkungan menjadi daya tarik tersendiri dari produk ini. Poris pomade rumput laut dijual dipasaran dengan harga Rp 50 ribu dengan berat bersih 80 gram.

Poris pomade rumput laut beraroma buah tropis dapat digunakan untuk menyuburkan rambut, mencegah terjadinya penurunan pigmen rambut serta dapat membuat generasi muda terlihat 'fresh' dan 'stylish'.

''Masyarakat Indonesia terutama generasi muda dapat terlihat stylish dan 'fresh' karena produk ini dapat mencegah penurunan pigmen rambut. Selain itu, rumput laut akan bernilai ekonomis tinggi jika dikembangkan menjadi produk yang kaya manfaat bagi kesehatan rambut,'' ujar Nila.

Promosi yang  dilakukan Nila dan tim melalui berbagai media sosial seperti  'facebook, twitter,, kegiatan bazar, melalui media cetak dan media elektronik.

''Untuk memperluas area pemasaran, kami menggunakan internet sebagai salah satu media pemasaran karena cenderung lebih dikenal luas oleh masyarakat, kata  Nila.   (IRM/ris).

Pewarta: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017