Pemerintah Kota Sukabumi memanfaatkan potensi aliran sungai yang melintas di wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat untuk meningkatkan ekonomi daerah dan kesejahteraan rakyat.

"Kota Sukabumi memiliki banyak aliran sungai yang jika dikembangkan berpotensi menjadi ladang pendapatan asli daerah (PAD) maupun masyarakat," kata Penjabat (Pj.) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji di Sukabumi, Rabu.

Menurut Kusmana, pihaknya sudah meninjau ke sejumlah aliran sungai yang ada di Kota Sukabumi seperti Sungai Cimandiri dan Cipelang yang ternyata belum termanfaatkan secara maksimal oleh warga.

Baca juga: Pj Wali Kota: Koperasi berperan untuk memperkuat ekonomi daerah
Baca juga: Pemulihan ekonomi masyarakat jadi program prioritas Pemkot Sukabumi di 2024

Sungai ini hanya dimanfaatkan masyarakat untuk kepentingan rumah tangga seperti mandi dan buang air serta sejumlah oknum tidak bertanggung jawab yang menjadikan aliran sungai sebagai tempat buang sampah.

Seperti Sungai Cimandiri yang memiliki potensi wisata, karena sungai ini memiliki arus berstandar olah raga arung jeram. Untuk Pemkot Sukabumi tengah membuat program pemanfaatan Sungai Cimandiri sebagai daya tarik wisata alam.

Kemudian untuk Sungai Cipelang, pihaknya mengapresasiasi sejumlah komunitas yang menjaga kelestarian sungai ini untuk kepentingan masyarakat. Sungai ini bisa dimanfaatkan untuk budidaya perikanan air tawar.

Baca juga: Pengembangan UMKM jadi strategi utama tingkatkan ekonomi Kota Sukabumi

Ia menambahkan dalam memanfaatkan potensi sungai ini tentunya pemerintah akan melibatkan masyarakat secara langsung sekaligus menjalankan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Pihaknya sangat mendukung kegiatan positif yang dilakukan masyarakat maupun komunitas dengan memanfaatkan potensi sungai. Ia berkomitmen untuk menciptakan kebijakan dan program yang berpihak pada lingkungan serta melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam pembangunan berkelanjutan.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024