Panitia Khusus Pemilihan Rektor (Pansus Pilrek) Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia (UI) yang diketuai oleh Prof. Dr. Bambang Wibawarta, S.S., M.A., menetapkan 13 anggota Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR)  mewakili unsur dosen, tenaga kependidikan (tendik), masyarakat atau alumni, dan mahasiswa.

Mereka adalah Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA., (Ketua P3CR); Albert Patrick Roring, S.S., M.Hum.; Dr. Freddy Harris, S.H., LL.M, ACCS.; Hening Pujasari, SKp, MBiomed, MANP, Ph.D.; Prof. Dr. Rizal E. Halim; Prof. Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS.; dr. Yogi Prawira, Sp.A (K).; Drs. Abidin Eko Priyono.; Rintis Dosie Swastika, S.H., M.Kn.; Arief Budhy Hardono, S.T.; Dr. Ir. Harris Susanto, S.Si, M.Hum.; Muhammad Ali Mahdi, S.Hum.; dan Alivanza Firdaus Rhufyano.

Tugas utama P3CR adalah menjaring dan menyaring bakal calon rektor UI periode berikutnya.

Anggota P3CR dibagi menjadi Tim Sosialisasi dan Tim Pendaftaran.

Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo merupakan pengajar senior aktif sejak tahun 1985 dan Guru Besar Fakultas Teknik (FT) UI.

Baca juga: UI butuh terobosan baru dari rektor di masa yang akan datang

Ia pernah menjabat sebagai Kepala Laboratorium, Kepala Perpustakaan, Kepala Pusat Administrasi Fakultas, Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan, Sekretaris Eksekutif di FTUI, hingga Direktur Program Pendidikan Vokasi.

“P3CR merupakan komposisi yang lengkap, karena semua ada, ada yang ahli hukum, ekonomi, kesehatan dan lain-lain. Semua anggota P3CR adalah orang-orang yang aktif dan sangat sibuk, namun karena komitmen untuk kemajuan UI kita mau melakukan ini (menjadi anggota P3CR). Kita bekerja total bahkan di akhir pekan sudah sejak 3 minggu yang lalu, melakukan sosialisasi dan persiapan pendaftaran,” ujar Prof. Sigit.

Tim Sosialisasi P3CR diketuai oleh Arief Budhy Hardono, S.T., yang berasal dari unsur alumni/masyarakat.

Arief merupakan lulusan FTUI yang saat ini menjabat sebagai Staf Khusus di Kantor Staf Presiden sejak 2020.

Sampai dengan saat ini ia masih menjabat sebagai Presiden Komisaris di PT Citra Marga Surabaya Tol Road sejak 2019 dan Direktur PT Pionir Beton Industri. 

Adapun Ketua Tim Pendaftaran adalah Prof. Dr. Rizal Edy Halim yang merupakan Guru Besar Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI.

Sebelumnya, Prof. Rizal pernah menjabat sebagai Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) dan sebagai Ketua Komite Manufaktur dan pengembangan jaminan Halal, Masyarakat Ekonomi Syariah periode 2021-2023. 

Baca juga: UI lakukan sosialisasikan pemilihan rektor periode 2024-2029

Untuk melaksanakan kegiatan sosialiasasi, lima anggota P3CR antara lain turun dari fakultas ke fakultas dan melakukan webinar untuk publik.

Mereka adalah Prof. Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS., dari unsur dosen. Prof. Wahyu merupakan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI. Saat ini ia menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan Etik dan Profesi, Konsultan Hukum Kesehatan dan Advokasi Rumah Sakit Seluruh Indonesia.

Anggota selanjutnya adalah Albert Patrick Roring, S.S., M.Hum., yang juga dari unsur dosen. Ia adalah seorang pengajar di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI sejak 1988.

Albert banyak melakukan pengabdian masyarakat di area kebencanaan. Ia memiliki latar belakang pendidikan dalam studi Cina, serta memiliki keterampilan sebagai penerjemah dan interpreter.

Kemudian, Hening Pujasari, SKp, MBiomed, MANP, Ph.D., salah seorang dosen di Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) UI yang juga menjabat sebagai Ketua Departemen Dasar Keperawatan & Keperawatan Dasar dan juga Ketua Program Studi Magister Ilmu Keperawatan.

Hening pernah menjabat sebagai penanggung jawab Humas dan Kepala Pusat Administrasi Fakultas.

Berikutnya, Drs. Abidin Eko Priyono yang merupakan anggota dari unsur tendik dan saat ini menjabat sebagai Kapala Bagian Administrasi Sekolah, Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL)–Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) UI. Terakhir, anggota Tim Sosialisasi lainnya, yaitu Muhammad Ali Mahdi, S.Hum., yang mewakili unsur mahasiswa dari Magister Ilmu Komunikasi. Saat ini, ia bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI.

Baca juga: UI buka pendaftaran calon rektor untuk periode 2024-2029

Untuk Tim Pendaftaran terdiri dari Dr. Freddy Harris, S.H., LL.M, ACCS., yang saat ini mengajar di Fakultas Hukum (FH) UI. Pada 2018-2022, Freddy pernah menjabat sebagai Dewan Komisaris PT KAI dan pada 2020-2022 ia menjabat sebagai Ketua Komite Pemantau Manajemen Risiko PT KAI, dan Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM RI pada 2016-2017.

Lalu, Dr. Ir. Harris Susanto, S.Si, M.Hum., berasal dari unsur alumni/Masyarakat. Pada 2003 hingga 2022, Harris menjabat sebagai Direktur Utama sekaligus pemilik PT Luas Birus Utama dan di tahun 2022, ia menjabat sebagai Ketua Bidang Hubungan Eksternal, ILUNI Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (ILUNI SIL) UI. Kemudian, dr. Yogi Prawira, Sp.A (K)., Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Anak dan saat ini menjabat sebagai Kepala Divisi Emergensi dan Rawat Intensif Anak di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo/ Fakultas Kedokteran (FK) UI.

Adapun dari unsur tendik adalah Rintis Dosie Swastika, S.H., M.Kn., yang merupakan Koordinator Kantor Internasional, Ventura, dan Kerja Sama di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI sejak 2023. Ia pernah menjadi Kepala Bagian Humas dan Legal dan Kepala Bagian Akademik Program Pascasarjana Ilmu Manajemen.

Terakhir, Alivanza Firdaus Rhufyano yang merupakan mahasiswa Program Sarjana FTUI dan penerima beasiswa program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024