Purwakarta (Antara Megapolitan) - Beberapa titik jalur mudik lebaran wilayah Jawa Barat menjadi pintu terjadinya kepadatan di jalur mudik lebaran wilayah Jawa Tengah, kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Pada musim mudik lebaran, sebenarnya Jabar ini relatif aman. Tapi menjadi pintu masuk kepadatan arus di wilayah Jateng," katanya, disela kunjungan kerja ke Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Rabu.

Ia mengatakan, atas dasar itu maka jajaran kepolisian di wilayah Jabar harus mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di wilayah Jateng dan sekitarnya.

Seperti di jalan Tol Jakarta-Cikampek, bisa mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di wilayah Cikopo.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengalihkan arus lalu lintas agar tidak seluruhnya kendaraan masuk ke jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Tetapi melakukan penguraian arus lalu lintas, dengan mengarahkan kendaraan melewati jalur Pantura, jalur tengah atau jalur selatan.

"Titik-titik rawan macet harus benar-benar diperhatikan, dengan mendirikan posko bersama," kata dia.

Selain itu, petugas juga bisa melakukan "contra flow" di sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek, untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas yang berujung ke jalan Tol Cipali, hingga ke Brexit.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017