Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menyediakan 10 program studi (prodi) untuk program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang sudah dibuka pendaftarannya untuk tahap dua tahun 2024.

Adapun ke-10 prodi yang bisa dipilih yakni Administrasi Pembangunan, Administrasi Pendidikan, Ekonomi Pertanian, Kesehatan Masyarakat, Manajemen, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Jasmani, Studi Pembangunan, dan Teknik Kimia.

Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu, menyebut LPDP memberikan kesempatan kepada putra-putri Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang magister (S2) dan doktoral (S3) baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Baca juga: Ratusan mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat berwirausaha

Beasiswa ini bertujuan untuk mencetak sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan berkontribusi pada pembangunan nasional.

Rektor menaruh harapan besar agar banyak orang bisa terjaring untuk menerima beasiswa LPDP di ULM.

Dia mengatakan alumni program sarjana ULM yang melanjutkan studinya kembali ke ULM merupakan sebuah pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi.

"Lebih banyak alumni sarjana melanjutkan studi ke S2 hingga doktor memang terus kita dorong, bahkan kita punya program diskon UKT di Program Pascasarjana bagi yang berprestasi," ungkapnya.

Baca juga: MPR RI dan ULM gelar forum konsultasi publik berikan pendidikan generasi muda
Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat ciptakan mulsa dari pati ubi nagara pengganti plastik

Sementara Kepala Divisi Kerjasama dan Pengembangan Beasiswa LPDP Kemenkeu Agam Bayu Suryanto mengatakan pendaftar LPDP semakin meningkat meskipun kuota penerima masih terbatas.

"Masyarakat luas maupun sivitas akademika yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan S2 dan S3 tanpa harus meninggalkan kampung halaman bisa mengajukan beasiswa LPDP dengan universitas pilihan ULM," ujarnya.

Pewarta: Firman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024